Bertengkar Hingga Dunia Maya

Perseteruan Malaysia dengan Indonesia tak kunjung habis. Bukan hanya di tingkat pemerintahan, kecurigaan bahkan kebencian menyebar hingga akar rumput. Perang dunia maya. Itulah yang sekarang sedang terjadi di internet antara para blogger Indonesia dan Malaysia.

Sejumlah situs dibuat oleh para blogger Malaysia. Isinya, kecaman dan hujatan atas Indonesia. Sebaliknya, sejumlah blogger asal Indonesia juga menumpahkan kemarahan yang sama. Menanggapi hal ini, Presiden Blogger Indonesia Enda Nasution menilai perang blog ini tak perlu terjadi. “Situs http://www.ihateindon.blogspot.com sudah melanggar term condition penyedia layanan blog,” ujar Enda.

Menurut Karim Raslan, kolumnis asal Malaysia, salah satu penyebab meruncingnya hubungan Indonesia-Malaysia adalah banyaknya warga Indonesia yang datang ke Malaysia. “Ini menjadi masalah sosial buat Malaysia,” ungkap Karim.

Benarkah ketidakharmonisan kedua negara serumpun ini adalah kelanjutan sejarah atas konflik yang selalu mewarnai hubungan kedua negara? Mulai dari era Sukarno hingga saling klaim hak cipta. Temukan jawabannya dalam rekaman video Topik Minggu Ini edisi Rabu (12/12) yang juga dihadiri politisi Partai Amanat Nasional, Alvin Lie.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV/13/12/2007 00:27)

2 Responses to “Bertengkar Hingga Dunia Maya”

  1. Sejarah selalu berulang, sebuah bangunan bernama negara yang berdiri tanpa visi dan strategi hanya menghasilkan konflik dan intrik. Jejak langkah hubungan antar bangsa serumpun setali tiga uang dengan kondisi eropa menjelang perang dunia ke-2. Kita-kita rumpun bangsa melayu tak perlu meniru biru untuk maju ?

  2. saudaramu Says:

    pertengkaran ini hanya tipu daya musuh yang SUDAH melihat potensi bersatunya Indonesia MAlaysia, sebagai kesatuan Rumpun…dan akan menjadi kekuatan besar di asia tenggara. Hati-hati Indonesia Malysia… bisa jadi ini kerja yahudi jahat

Leave a comment