Gereja Anggap Kristen Unitarian Aliran Sesat?

first-unitarian-church.jpg

Ternyata isu aliran sesat juga ada dalam masyarakat Kristen. Dalam perjalanan sejarah, banyak tokoh unitarian Kristen yang dianggap sesat oleh Gereja dan dijatuhi hukuman mati, antara lain:

1. IRANAEUS (130-200 M):

Ia meyakini Tuhan Yang Maha Esa dan mendukung doktrin tentang “kemanusiaan” yesus. Dengan sengit ia mengeritik Paulus karena telah bertanggung jawab memasukkan doktrin-doktrin dari agama berhala dan filsafat Plato ke dalam Kristen.

2. TERTULIAN (160-220)

Ia menulis: “Orang-orang kebanyak berpikir tentang Kristus sebagai seorang manusia biasa. Saat itu Paus Callistuslah yang mengenalkan Trinitas ke dalam tulisan-tulisannya “ecclesiastical” latin ketika ia membahas doktrin baru yang aneh tersebut.

3. ORIGEN (185-254 M).

Karena Origen menentang ajaran gereja yang Trinitas, dia menulis tidak kurang 600 brosur dan risalah yang isinya mengenai keesaan Tuhan. Berdarkan hasil Konsili Alexandria, dia lalu ditangkap dan dipenjarakan dengan mengalami penyiksaan hingga menyebabkan kematiannya pada tahun 254 M.

4. LUCIAN (..-312)

Dia percaya bahwa Yesus tidaklah sama dengan Tuhan dan karenanya berada (di bawah) Tuhan. Pandangan inilah yang menulut kebencian Gereja Pauline, dan setelah mengalami berbagai siksaan, Lucian lalu dihukum mati oleh Gereja Tahun 312.

46 Responses to “Gereja Anggap Kristen Unitarian Aliran Sesat?”

  1. wah, ternyata sama saja, ya?
    informasi yang berguna.

  2. Ibrahim Abu Dasteghib Says:

    Pak Konstantin dan Bu Helena kok dilawan…

  3. pedro sinaga Says:

    wacana yang d kembangkan iu adalah sangat tidak masuk akal karena tulisan it hanyalah fiktif belaka yang tidak di landasan kan pada bukti-bukti yang riil?jadi sejarh tanpa latar blakang hanyalah omong kosong doank..dimana tujuannya membuat iman kristen goyah?apabila IRANEUS berpendpat seperti itu maka yang di pertanyakan “apakah yang dia percayakan saat itu’?sangat tidak masuk akal pandangan yang seperti itu…karena imannya goyah maka dia bisa mengeluarkan wacana yang tidak penting untuk d bahas…gbu

  4. Bukan masalah wacana-nya, tapi soal inkuisisi (penghukuman atas apa yang dianggap berseberangan dalam pemikiran) menjadi isu yang diangkat di sini (begitu kira-kira ya ustad?)
    Jadi, bahwa kebiasaan menghantam orang yang berseberangan dalam pemikiran dan kepercayaan ternyata adalah isu universal. That’s all.

  5. Tom Rudaleon Says:

    Shalom alaikhem (salamu’alaikum)
    Hari gini masih percaya TRINITAS??!

    Di Indonesia ada orang-orang unitarian (antitrinitas) yang cukup bagus dan sangat berani, di antaranya: Sdr. Frans Donald yang menulis buku sangat bagus “MENJAWAB DOKTRIN TRITUNGGAL”.
    Siapa saja. baik islam / kristen rasanya wajib dan perlu baca buku dahsyat tersebut. Dan hebatnya penulisnyapun mencantumkan nomor hp aktif pada buku-bukunya, sehingga bisa dikontak n siap dialog.
    GBU, Allahu akbar!!

  6. Tom Rudaleon Says:

    Shalom,
    Info lagi. Frans Donald, seorang antitrinitas yang sangat vokal, ini sepertinya blog nya dia: http://www.fransdonald.blogspot.com.
    Di Indonesia juga sudah banyak teolog-teolog + pastur/ Romo + pendeta-pendeta yang kabarnya sudah berani terus terang mengakui bahwa Doktrin Trinitas benar-benar TIDAK ALKITABIAH!

  7. samuel smg Says:

    saya pendukung gerakan ALLAH yang Esa. mudah2han kekristenan makin dibukakan kebenaran yang sesungguhnya tentang ke Esaan ALLAH. dari alkitab maupun sejarah, sungguh, trinitas tidak berdasar sama sekali. GBU

  8. samuel smg Says:

    Umat Kristen beranggapan Yesus adalah Tuhan karena adanya Konsep Trinitas. Tapi tahukah mereka bahwa konsep itu baru ada saat Konsili Nicea. Saat Yesus masih hidup, dia tidak mengajarkan konsep Trinitas.
    Yesus pernah ditanya oleh beberapa orang Yahudi terdidik di dalam Injil Markus.
    “Tuan, hukum apa yang terutama?. Jawab Yesus (Markus 12 : 29) : “Hukum yang terutama ialah : Dengarlah hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa (Satu)”.

    Yang mengulang kata perkata apa yang dikataka oleh Musa +/- 1.300 tahun sebelum Yesus lahir.

    Matius 5 : 17-18

    “Janganlah kamu sangkakan aku datang hendak merombak hukum Taurat atau kitab nabi-nabi; bukannya aku datang hendak merombak, melainkan hendak menggenapkan. Karena sesungguhnya aku berkata kepadamu, sehingga langit dan bumi lenyap, satu noktah atau satu titikpun sekali-sekali tiada akan lenyap dari hukum Taurat itu sampai semuanya telah jadi”.

    1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
    2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
    3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
    4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
    5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).

    Bukankah Hukum Taurat mengatakan Tuhan hanya 1, itulah mengapa umat Yahudi tidak mempercayai Yesus sebagai anak Tuhan. Karena mereka salah dalam menafsirkan ajaran Yesus, mereka mengira seolah-olah Yesus mengaku sebagai Tuhan atau anak Tuhan. Itulah mengapa umat Yahudi mencelakai Yesus dengan menyalibnya.
    Jika Trinitas adalah hal penting yang perlu diajarkan, saat itu adalah saat yang tepat untuk mengajarkan kepada orang-orang Yahudi. Tentang ada 3 yang memberi kesaksian., Bapa, Firman dan Roh Kudus ketiganya adalah satu. Tetapi Yesus tidak mengatakan itu. Juga kalau Yesus adalah Tuhan, dia pasti langsung menjawab “Ya”saya Tuhan kalau ada yang bertanya siapa dirinya. Kalau ada yang bertanya apakah Ibu Kota Indonesia Jakarta, pasti akan saya Jawab “Ya”. Tapi Yesus tidak pernah mengatakan itu. Jadi tidak ada Konsep Trinitas yang diajarkan oleh Yesus. Kalau sekarang ada, anda pikirlah sendiri.
    Konsep Trinitas :

    1. Tuhan Bapa adalah Tuhan, anak adalah Tuhan dan Roh Kudus adalah Tuhan, namun bukan 3 Tuhan melainkan 1.
    2. Tuhan Bapa itu Maha Perkasa, anak itu Maha Perkasa dan Roh Kudus Maha Perkasa, namun bukan 3 yang Maha Perkasa melainkan 1
    3. Tuhan Bapa adalah Person, anak adalah Person dan Roh Kudus adalah Person, Tapi mereka bukan 3 Person melainkan 1

    Bahasa apakah itu?. Bahasa Inggriskah?. Bahasa Indonesiakah?

    Konsep Trinitas berasal dari 1 Yohanes 5 : 7-8

    “Sebab ada tiga yang memiliki kesaksian didalam Surga : Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu”. (7) “Dan ada 3 yang memberi kesaksian di bumi, Roh dan Air dan Darah dan ketiganya adalah satu”. ( 8)

    TERNYATA: ayat ini dikeluarkan dari Al-kitab versi standard yang direvisi (Revised Standard Version disingkat RSV) yang dipakai oleh negara-negara barat karena dianggap sisipan. Mengapa demikian?. Karena ayat ini merupakan catatan saja oleh penyalin yang dibuat pada abad ke 6 untuk tujuan pendidikan anak-anak. Tatkala penerbit mendapati manuskrip-manuskrip tersebut, catatan-cacatan pinggir itu telah dimasukkan ke dalam teks. Karena itu para Sarjana Kristen menemukan bahwa ayat ini adalah ayat buatan/sisipan (bukan ayat asli). Ayat ini adalah catatan pinggir bukan perkataan Yohanes. RSV disusun oleh 33 Cendekiawan tingkat tertinggi dalam Agama Kristen didukung oleh 50 kitab.

  9. samuel smg Says:

    DOKTRIN TRINITAS :
    KEBINGUNGAN ini tersebar luas. The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Tritunggal dianggap “di luar jangkauan akal manusia.”
    Banyak orang yang menerima Tritunggal menganggapnya demikian. Monsignor Eugene Clark berkata: “Allah itu satu, dan Allah itu tiga. Karena tidak ada ciptaan yang seperti ini, kita tidak dapat mengertinya, tetapi menerimanya saja.”

    Kardinal John O’Connor berkata: “Kami tahu ini suatu misteri yang sangat dalam, yang sama sekali tidak kita mengerti.”
    Dan Paus Yohanes Paulus II berkata mengenai “misteri yang tidak dapat dimengerti tentang Allah Tritunggal.”
    Jadi, A Dictionary of Religious Knowledge berkata: “Tepatnya apa doktrin itu, atau bagaimana hal itu harus dijelaskan, para penganut Tritunggal pun tidak mencapai kata sepakat di antara mereka sendiri.”

    Maka, kita dapat mengerti mengapa New Catholic Encyclopedia berkata: “Hanya sedikit diantara guru-guru teologi Tritunggal di seminari-seminari Katolik Roma yang pada suatu waktu tidak dipojokkan oleh pertanyaan, ‘Tetapi bagaimana kita akan berkhotbah tentang Tritunggal?’ Dan jika pertanyaan itu merupakan gejala kebingungan di pihak para siswa, kemungkinan hal itu juga merupakan gejala kebingungan yang serupa di pihak guru-guru mereka.”

    Kebenaran dari pernyataan di atas dapat dibuktikan dengan mengunjungi suatu perpustakaan dan memeriksa buku-buku yang mendukung Tritunggal. Tak terhitung banyaknya halaman yang ditulis dalam upaya untuk menjelaskannya. Namun, setelah bersusah payah memeriksa istilah-istilah teologi yang membingungkan dan penjelasannya, para peneliti masih tetap tidak puas.

    Mengenai ini, imam Yesuit Joseph Bracken mengatakan dalam bukunya What Are They Saying About the Trinity?: “Para imam yang dengan cukup banyak upaya telah mempelajari…
    Tritunggal selama tahun-tahun mereka di seminari tentu saja ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada jemaah mereka dari mimbar, bahkan pada hari Minggu. Tritunggal… Untuk apa seseorang akan membuat umatnya bosan dengan sesuatu yang pada akhirnya pun tidak akan mereka mengerti dengan benar?”
    Ia juga berkata: “Tritunggal adalah soal kepercayaan formal, namun hal itu hanya sedikit atau tidak [berpengaruh] dalam kehidupan dan ibadat Kristen sehari-hari.” Meskipun demikian, ini adalah “doktrin utama” dari gereja-gereja!
    Teolog Katolik Hans Kung menyatakan dalam bukunya Christianity and the World Religions bahwa Tritunggal merupakan satu alasan mengapa gereja-gereja tidak berhasil membuat kemajuan yang berarti di kalangan orang bukan Kristen. Ia berkata: “Bahkan orang Muslim yang terpelajar,
    sama sekali tidak dapat mengerti, sebagaimana juga orang-orang Yahudi sebegitu jauh tidak dapat memahami, gagasan mengenai Tritunggal… Perbedaan yang dibuat oleh doktrin Tritunggal antara satu Allah dan tiga hypostase [zat] tidak memuaskan orang Muslim, yang bukannya merasa mendapat penjelasan, tetapi justru merasa bingung, oleh istilah-istilah teologi yang berasal dari bahasa Syria, Yunani, dan Latin.“Tritunggal” apakah ada dalam Alkitab?
    SEBUAH publikasi Protestan berkata: “Kata Tritunggal tidak terdapat dalam Alkitab… Ia baru mendapat tempat secara resmi dalam teologi gereja pada abad ke-4.” (The Illustrated Bible Dictionary) Dan seorang yang berwewenang dalam agama Katolik mengatakan bahwa Tritunggal “bukanlah… secara langsung firman dari Allah.” -New Catholic Encyclopedia.
    The Catholic Encyclopedia juga mengomentari: “Dalam Alkitab belum terdapat satu istilah pun untuk menyatakan ke-Tiga Pribadi Ilahi tersebut secara bersama. Kata triaz [tri’as] (asal kata dari trinitas bahasa Latin) mula-mula ditemukan dalam [tulisan] Teofilus dari Antiokhia kira-kira tahun 180 M…. Tidak lama kemudian itu muncul dalam bentuk Latinnya trinitas dalam [tulisan] Tertullian.”
    Namun, hal ini sendiri tidak membuktikan bahwa Tertullian mengajarkan Tritunggal. Karya tulis Katolik Trinitas – A Theological Encyclopedia of the Holy Trinity misalnya, menyatakan bahwa beberapa dari kata-kata Tertullian belakangan digunakan oleh orang-orang lain untuk menjelaskan Tritunggal. Kemudian ia memperingatkan: “Tetapi kesimpulan yang tergesa-gesa tidak dapat diambil hanya berdasarkan pemakaian, karena ia tidak menerapkan kata-kata tersebut untuk teologi Tritunggal.”
    Bukti dari Kitab-Kitab Ibrani
    MESKIPUN kata “Tritunggal” tidak dapat ditemukan dalam Alkitab, apakah setidak-tidaknya gagasan tentang Tritunggal dengan jelas diajarkan di dalamnya? Sebagai contoh, apa yang ditunjukkan oleh Kitab-Kitab Ibrani (“Perjanjian Lama”)?
    The Encyclopedia of Religion mengakui: “Para teolog dewasa ini setuju bahwa Alkitab Ibrani tidak memuat doktrin tentang Tritunggal.” Dan New Catholic Encyclopedia juga mengatakan:
    “Doktrin Tritunggal Kudus tidak diajarkan dalam P[erjanjian] L[ama].”
    Demikian pula, dalam bukunya The Triune God, imam Yesuit Edmund Fortman mengakui: “Perjanjian Lama… tidak secara tegas ataupun samar-samar memberi tahu kepada kita mengenai Allah Tiga Serangkai yang adalah Allah, Anak dan Roh Kudus… Tidak ada bukti bahwa penulis tulisan suci manapun bahkan menduga adanya suatu [Tritunggal] di dalam Keilahian… Bahkan mencari di dalam [”Perjanjian Lama”] kesan-kesan atau gambaran di muka atau ‘tanda-tanda terselubung’ mengenai trinitas dari pribadi-pribadi, berarti melampaui kata-kata dan tujuan dari para penulis tulisan-tulisan suci.”-Cetak miring red.
    Penyelidikan dalam Kitab-Kitab Ibrani itu sendiri akan membuktikan komentar-komentar ini. Jadi, tidak ada ajaran yang jelas mengenai Tritunggal dalam 39 buku pertama dari Alkitab yang membentuk kanon yang asli dari Kitab-Kitab Ibrani yang terilham.
    Bukti dari Kitab-Kitab Yunani
    MAKA, apakah Kitab-Kitab Yunani Kristen (“Perjanjian Baru”) dengan jelas berbicara tentang suatu Tritunggal?
    The Encydopedia of Religion mengatakan: “Para teolog setuju bahwa Perjanjian Baru juga tidak memuat doktrin yang jelas mengenai Tritunggal.”
    Imam Yesuit Fortman mengatakan: “Para penulis Perjanjian Baru… tidak memberi kita doktrin Tritunggal yang resmi atau dirumuskan, juga tidak ajaran yang jelas bahwa dalam satu Allah terdapat tiga pribadi ilahi yang setara… Di mana pun kita tidak menemukan doktrin tritunggal dari tiga subyek kehidupan dan kegiatan ilahi yang berbeda dalam Keilahian yang sama.”
    The New Encyclopaedia Britannica menyatakan: “Kata Tritunggal atau doktrinnya yang jelas tidak terdapat dalam Perjanjian Baru.”
    Bernhard Lohse mengatakan dalam A Short History of Christian Doctrine: “Sejauh itu menyangkut Perjanjian Baru, seseorang tidak menemukan di dalamnya doktrin Tritunggal yang aktual.”
    The New International Dictionary of New Testament Theology juga mengatakan: “P[erjanjian] B[aru] tidak memuat doktrin Tritunggal yang diperkembangkan. ‘Alkitab tidak memuat deklarasi yang terus terang bahwa Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah dari zat yang sama’ [kata teolog Protestan Karl Barth].”
    Profesor E. Washburn Hopkins dari Universitas Yale meneguhkan: “Bagi Yesus dan Paulus doktrin tritunggal jelas tidak dikenal;… mereka tidak mengatakan apa-apa mengenai itu.”-Origin and Evolution of Religion.
    Sejarawan Arthur Weigall menyatakan: “Yesus Kristus tidak pernah menyebutkan perwujudan demikian, dan di manapun dalam Perjanjian Baru tidak terdapat kata ‘Tritunggal.’ Gagasannya baru diterima oleh Gereja tiga ratus tahun setelah kematian Tuhan kita.”-The Paganism in Our Christianity.
    Jadi, ke-39 buku dari Kitab-Kitab Ibrani ataupun kanon dari ke-27′

    sori kepanjangan.
    gw ambil dari pelbagai sumber. GBU

    • binggung karena mo paksaain logika manusia supaya cocok dengan Allah, jelas nga nyampe. Klo nga masuk akal di anggap salah, emangnya pikiran Allah bisa dimasukin semua ke otak manusia yang kecil itu. Apa yang tidak bisa di masukkan akal karena akal manusia itu nga pernah akan cukup untuk di isi dengan pikiran Allah, hanya sebagian kecil yang Allah nyatakan saja yang dapat dimengerti, yang tidak dinyatkan Allah tetap misteri dan rahasia Allah, gitu bro

  10. I LOVE JESUS

  11. Wirosableng Says:

    I LOVE JESUS AS WELL…THE MESSENGER OF GOD..

  12. shalom. aku sangat bersyukur ternyata banyak juga orang2 yang menganut paham kristen tauhid. saya tak ingin berdebat tentang iman dg orang lain, ttp saya terkadang sedih bila sampai saat ini masih banyak orang yang belum amu membuka mata hati dan pikriannya tentang siapa Allah? Allah ada dengan sendirinya, Dia tdk diciptakan, Dia ada karena dia ada. namaNya YAHWE. Dia tidak bisa disekutukan dengan apa dan siapapun.
    Siapa Yesus? Yesus adalah ciptaanya dan sudah jelas itu. jadi berfikirlah yang benar: apa mungkin Yesus sama dengan Allah? nonsense
    saya tak perlu mengupas itu dari Alkitab, tapi kita tahu banyak tulisan yang mengatakan Yesus adalah utusanNya. ada itu keluar dari mulut Yesus sendiri. jadi jangan lagi ada keraguan lagi tentang itu.
    Allah maha kuasa: Dia ada dengan sendirinya, tidak diciptakan dan tidak mungkin mati, sekali lagi tidak mungkin mati!
    bayangkan Sang Pencipta Dunia ini mati! bagaimana alam ini?
    sekian ulasan saya. terima kasih.
    Catt: bagi saudara2 Unitarian marilah kita perkuat iman percaya kita, jangan goyah walaupun kita sangat minoritas, beritakanlah Injil kapan saja dan dimana saja kepada siapa saja. Bapa memberkati kita semua.

  13. Sage_Crusader Says:

    Telah nampaklah suatu fakta. Sirna sudah kedustaan. Yg baik akan menang!

    • yang benar akan menang ,bukab yg baik…sebab yg baik belum tentu benar…dan benar sudah pasti baik dn menang…..ada2 sj… 🙂

  14. edykusworo Says:

    Koq yo onok ae wong keblinger…
    Opo iki sing diarani zaman edan…
    Sampe gak ngerti Sejatine Gusti Allahe…

  15. udah jgn slng menuding…
    emang Allah tu suka kalian slg mencela…???
    kalo kalian brani mencela org lain,
    brarti klian merasa bhwa klianlah yg plg benar…
    brarti Allah klian kyk gt ya…

    kalo Allah aq bilang ne,
    jgn slg mencela…
    smua org berhak tuk percaya dan mempercayai…
    ntr lg Allah dtg kq…

    apakah islam yg trbaik dan plg benar??
    atokah kristen???
    atokah yahudi???

    ditunggu aja ya…
    peace… 🙂

    • wahyu btm Says:

      Memang saling mencela adalah tidak baik, yang mengikutinya adalah rasa saling bermusuhan yang kebanyakan sudah tidak menggunakan nalar lagi.
      Tetapi mendiskusikan adalah baik, asal dipenuhi oleh rasa ingin tahu mana2 ajaran yang paling benar, dengan argumen yang pas pula tentunya.
      Sebenarnya kita tak boleh menunggu setelah mati untuk tahu bahwa salah satu ajaran yang selama ini kita ketahui ada dimuka bumi ini ternyata yang benar, sebab ketika ternyata kita termasuk yang mengikuti ajaran yang salah dan masuk neraka, pengetahuan itu sudah tak berarti lagi.
      Namun demikian kita memang tak boleh memaksakan apa yang kita percayai sebagai sebuah kebenaran, juga harus dipercayai oleh orang lain.
      Bagi para pendakwah, yang mendasari gerakan dakwah seharusnya tidak semata bertujuan memperoleh pengikut se banyak2nya, tetapi harus dilandasi rasa kasih sayang terhadap orang yang dianggap belum mendapatkan hidayah.

    • IYA…………JANGAN LIAT AWAL..TPI LIAT AKHIRNYA……..NTAR LAU DA KIAMATKAN KTAHUAN MANA YG BENAR DAN MANA YG SALAH

  16. Assalamu ‘alaikum, sebetulnya Yesus tidak pernah di sebut Tuhan dlm Alkitab, dlm Alkitab Terjemahan Bhs Arab yg saya punya Yesus disebut mu’allim ( artinya org yg berilmu ), sayyid ( artinya tuan atau yg dihormati ), rabbu/rabbi/murabbi ( artinya pendidik atau guru ), istilah ini tidak asing ditelinga orang Islam, Nabi Muhammad jg sering disebut sayyidinaa ( artinya tuan kami/junjungan kami ) tp tidak menganggap Nabi Muhammad sebagai Tuhan dan memang Yesus jg bukan Tuhan, yang sebetulnya Tuhan dlm Alkitab itu adalah Bapak Yesus, makanya Yesus aja berdoa kepada Bapaknya yg di surga. Jd ga ada istilah Tritunggal dlm Agama Kristen sebetulnya, ini kesalahan Bapak-bapak Gereja wkt itu. Kuasa Yesus sebetulnya dari Bapaknya/Surga bukan dari Yesus sendiri, Roh Kudus sendiri punya banyak penafsiran dan bukan berarti bagian dari Allah Tritunggal. Makanya Islam/Yudaisme tidak mengenal istilah Allah Tritunggal, Bapak lebih berkuasa dari Yesus. Kata Tuhan dlm PB terjemahan LAI membingungkan, kita harus meraba mana yg menunjuk kepada Yahweh mana yg menunjuk kpd Yesus, seharusnya penulisan kata Tuhan dlm PB yang menunjuk pd Yahweh harus ditulis TUHAN jd jelas dan yang menunjuk pada Yesus ditulis Tuhan ato Tuan aja jd ada perbedaannya dan enak untuk dibaca. Islam sangat menghormati Yesus karena dia adalah utusan TUHAN/Yahweh Bapaknya dan Bapak kita semua manusia. Islam jg menghormati Maria sebagai ibu Yesus, Maria sebagai saksi Kemahakuasaaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Amin.
    Wassalam.

  17. ini ni yg gue demen, tak akan ada lagi trinitas trinitas lagi….

  18. KnAPAh ceh…

    KuG SMWA.na SlInG MeNcEla AgAmA bKaNKah

    KrIsTeN .IsLam, HiNdU, buDhA

    sMwA jGa tuJUan.na camah qn

    SmUA.Na pERcya Tuhan adah dan IgN MsuG sUrGA???

  19. G Budisularso Says:

    Tak ada seorangpun yang boleh menghakimi siapapun, tak terkecuali Gereja. Sudah seharusnya kita meng”imani” kebenaran yang kita yakini dan ikuti, tapi bukan berarti kita boleh menilai kepercayaan orang lain itu sesat.
    Sikap mencap kepercayaan yang dianggap melenceng dari “pakem” itu sesat boleh saja terjadi dijaman gereja purba, dimana kepicikan dan nafsu kekuasaan masih melingkupi tokoh tokoh dan lembaga Gerejawi, seakan mereka adalah “wakil Tuhan Didunia”.
    Pada jaman sekarang orang akan mentertawakan sikap (primitif) yang sok paling bener itu. Sikap yang mencerminkan gila kuasa seakan punya mandat dari Allah untuk menghukum orang lain menyangkut pelanggaran “Hukum Allah”.
    Kenapa enggak biarkan saja Allah yang menghukum mereka yang melanggar hukumNya ? Tidak mampukah dia sehingga harus menyuruh manusia untuk melakukan “Law enforcement” ?

  20. Yang saya tahu Tuhan itu jauh melampaui apa yg bisa kita pikirkan
    Hadir dalam apasaja dia bisa
    Hadir sebagai Yesuspun Dia bisa
    Dia jauh diluar jangkauan nalar dan akal kita
    Dia melampau semuanya
    Yang penting saat berdoa hati kita bergetar disitulah TUhan ada

  21. Aku "anak Allah" (orang yg mentaati Allah) Says:

    Assalamu’alaikum
    Yah klo kondisi jaman skrg susah. Semua sangat kompleks, bs2 perang ini hahaha…Klo saya sih utk jaman sekarang cuma pegang “Lakum dinukum waliadin” (Untuk mu lah agamamu, Untukk ku lah agamaku) biar Allah sendiri yg buktikan setelah orang tersebut meninggal dunia, klo udah meninggal akan tau kok mana yg bner mana yg ga, dan apakah siksa kubur itu bner2 ada. Dan jg dibuktikan setelah datang hari kiamat. Kita umat islam sebagaimana perintah Allah dan Rasulullah, harus MENYAMPAIKAN ajaran bukan MEMAKSAKAN ajaran. Demikian lah konsep islam sebenarnya. Karena Allah sendiri ingin Manusia itu beribadah/menyembah padanya bukan karena takut neraka, ingin surga, bukan karena paksaan dsb. Melainkan atas keikhlasan dan kesadaran diri dr manusia itu untuk menyembah dan berbakti pada Tuhan Yg Maha Kuasa yg telah menciptakan mereka dan segala sesuatunya. Karena bagi Allah untuk menjadikan seluruh manusia dibumi ini dan segala makhluk yg dia ciptakan supaya Beribadah, beriman, bertaqwa, menyembah padaNya adalah hal yg sangat mudah, layaknya Dia menciptakan jagad raya hanya dgn “kun fayakun(jadilah maka Jadilah). Inilah yg dinama kan Hak Bebas yg diberikan pada manusia. Manusia di beri akal budi dan hati supaya mereka berpikir sendiri apakah perintah Tuhan itu layak dijalankan atau tidak, apakah Larangan Tuhan itu patut di patuhi atau tidak. Pikirkanlah sendiri kita pnya akal budi dan hati tho?? bs bedakan mana yg baek mana yg buruk, dan mungkinkah Tuhan memberi perintah dan larangan yg merugikan manusia??Dan bagi manusia yg belum sadar, sekiranya bs pake lah itu modal akal budi dan hati kalian untuk menelaah. Sebelumnya saya sebagai muslim mohon maaf pada umat non muslim. Jika ada saudara kami muslim yg mengatas namakan MENJALANKAN PERINTAH TUHAN memaksakan keyakinan/mengejek/menghina agama lain. Karena Muhammad SAW, Rasulullah, mengajarkan pada kami utk bersikap baik pada umat non muslim dan tidak memaksakan kepercayaan, namun hanya menyampaikan ajaran. Bahkan seorang Atheis pun berhak untuk hidup. Dan sekali lg saya sbg muslim sangat mohon maaf jika ada orang islam yg tidak berbuat baik pada kalian yg non muslim. Karena sesungguhnya orang2 yg demikian itu ga menjalankan perintah Allah dan Rasulnya. Mereka bukanlah golongan kami muslim yg meneladani Rasulullah SAW. Wassalamu’alaikum. Terimakasih

  22. hai hahaha

  23. jpercayai apa yang anda percaya…dan jangan bahas Allah orang lain
    semoga Allah mu menyelamatkan engkau seperti engkaumempercayainya…….
    Kristen trinitatis
    Kristen unitari
    islam
    hindu
    dan Budha
    punya konsep masing-masing
    jadi berpeganglah pada apa yang kau percayai
    bagi yang buat blog ini
    anda hanay menyulut permasalahn dan perdebatan
    ingat brooo
    perdebatan mengenai agama tidak akan habis dan berkesudahan
    atau bisakah anda membuktikan bahwa agama anda adalh yang paling benar????
    klo bisa segera publish dan lihat seberapa orng yang ikut agama anda????

    Go-Blog: Hei! Jangan keburu sewot. Ini bukan opini pemilik blog, tapi berita. Blog ini menghargai perbedaan agama dan sekte, bahkan ateispun kita terima. Peace!!!

  24. wacana yang aneh…Masalah trinitas aja dipusingin…
    kalau kita membahas trinitas tidak alkitabiah maka kita sudah menyepelhkan yang namanya Tuhan. Bukankan Dia maha kuasa..? tidak terbatas dengan ruang dan waktu…? kalau Tuhan mau jadi 10, 1000, atau mungkin 10.000 apakah itu sesuatu yang mustahil…?
    kalau kita masih memperdebatkannya juga maka kitalah yang bodoh…
    ingatlah ketika kita bisa mengerti Allah maka Ia bukan Allah, tetapi saat kita tidak bisa mengerti Siapa itu Allah maka Ia adalah Allah. karena Allah tidak dapat dimegerti oleh pikiran manusia yang rata-rata IQ jongkok…

    • nek ra ngerti ra usah ngomong le, meneng wae ben nga liya ngelu, omong opo toh peno iku, wes meneng ae

  25. theresia ermi Says:

    Yesus dan kita adalah anak Allah..Yesus juga mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan dan hanya ada satu Allah yang Ia yakini..Ia datang kedunia untuk menyebarkan apa yang telah Allah katakan dalam dirinya.Ia adalah perantara bagi Kita manusia..sekarang tidak penting membahas siapa Yesus yang sebenarnya yang terpenting adalah apakah kita sebagai umat yang mengagumi Yesus mampu menjadi atau minim menirukan apa yang telah Dia perbuat untuk umat manusia seluruhnya tanpa membedakan golongan apapun..Bersediakah kita menerima orang yang menasehati kita,bersediakah kita menerima Yesus dengan wujud yang papa,hina dan tak pantas masuk rumah yang mewah..???Apakah dalam kehidupan kita sudah MENJALANKAN apa yang telah Yesus Ajarkan.Kalau bagi saya pribadi apapun Yesus Dia tetaplah satu2nya sosok yang jadi panutandalam hidup saya..Hanya saja yang pantas jadi pertanyaan apakah Yesus pernah mempermasalahkan agama oranglain..karena bagi Dia yang terpenting adalah Takut akan Allah.

    • Jika yesus takut akan Allah Berarti yesus bukan Tuhan,Jika semua umat kristiani menganggap sebagai Pengagum yesus berarti ummat kristiani harus meneladani perbuatannya dan mempercayai apa yg dikatakan Yesus karena dia adalah mahluk Mulia yang dipercaya TUHAN untuk menerima wahyunya,dan jgn lupa Nabi Isa as pernah berkata “Akan ada Nabi Ahir Zaman Setelah Aku”Jika Anda pengikut yesus yang setia Pelajarilah Bibllenya dengan niat Mencari Kebenaran Niscaya Kebenaran akan Muncul Tidak ada lagi Kebenaran Yang tertutupi dan bagi penganut agama samawi yg lainnya mari pelajari dengan sungguh2 Kitab Sucinya Masing2 Niscaya Kebenaran akan Muncul,Karena ALLAH merindukan kita untuk bisa disayangi olehNYA,Amin.

  26. Salam. Bagi yang masih ngotot tentang Tritunggal, silahkan dibaca saja buku FransDonald yg judulnya: Menjawab Doktrin Tritunggal. Di buku itu juga terdapat statemen2 trolog Kristen yg bnyk menolak trinitas.
    Tampaknya ini abad kegelapan bagi Trinitas.
    Trinitas yg malang, diambang keruntuhan ….!

    • mok pikir tulisane donald genah ta, koq sampeyan rekomendasino. Masih onok teologke nga jamin nek bener, wong wes owah kabeh sok keminter ngluwihi sing ngae urip, wes2 cuman golek sensasi dan asal beda…

  27. hai..knpa kalian yg mndukung kristen tauhid tdk masuk islam sekali ?…dr pd kalian semua pusing…islam sdh jelas doktrinya…dr pd kalian yg ragu2 tntang TRINITAS..jgn mmbuat batu sndungan pd umat kristen yg laen…bg teman2 SSY…ISLM & TAUHID…kalian kog ga percaya sih TUHAN maha segalanya…Dia kan Tuhan (ALLAH/YAHWE) yg bs jd segalanya…jgnkan jd manusia..jd batu,api,hewan,apa saja dia bisa ..kan dia TUHAN…klo yg kalian perdebatkan tdk bisa mnjadi apa2 itu bearti bukan TUHAN..setan sendiri percaya YESUS itu anak ALLAH (MAT 4:5-6) (MAT 8 :28-29)…di ayat ini aja sdh sngat jelas YESUS itu ANAK ALLAH klo kalian msh mnyngkalnya bearti kalian lebih dr pada SETAN dan ingat hal ini di ucapkan jauh sebelum adanya agama apapun..jd klo skrg kalian menyangklnya bearti kalian mnciptakan doktrin penyangkalan..lg masalah TRINITAS ..ALLAH kan bs jd roh,bs jd ujud.klo ada BAPA-PUTRA-ROH KUDUS kog kalian bingung…

  28. kalian aneh..katanya berdasarkan ALKITAB tp kog msh mencari di luar alkitab..bukunya FRANSDONALd kan bukan alkitab,napa jd rujukan…inilah klo manusia sdh terpojok..apa sj bs jd alasan dan dalil…lama2 nanti buku ATEIS pun jd rujukan hahahaaaa…..klo ciptakan buku gmpang bro..gw aja bs ciptakan buku menentang atau mndukung ALKITAB…sdhlah jgn ngade-ngade….TRINITAS tak kan luntur bro..klo maunya luciefer sih luntur hahahaaa….yg jelas skrg tobat bro….tobat..tobat….sebelum ngekkk…

  29. Lebih dari 2000 thn agama kristen berawal ..
    trinitas dikenal mulai thn berapa masehi..?
    kalau dari awal nya dimana Yesus yang mengajarkanya,berarti tidak menjadi masalah
    Tetapi kalau dikenalnya trinitas bertahun tahun setelah Yesus tiada,itu baru menjadi masalah
    karena harus di pertanyakan siapa yang mengenalkan/menciptakan trinitas itu .? apakah yang mengenalkannya itu seorang atau sekelompok manusia biasa .?
    jadi jawabanya terserah anda masing2 untuk menerimanya,menerima yang dari Yesus (yang di utus Tuhan) atau seseorang/kelompok orang biasa setelah Yesus tiada itu..?
    Keyakinan memang berasal dr hati,maka tanyalah ke hati diri kita masing2 sesuai dengan kemampuan hati,daya pikir serta keimanan kita

    Kita semua bersaudara karena kita semua anak cucu Nabi Adam dan dalam agama samawi kita semua merupakan anak cucu Nabi Ibrahim/Abraham

  30. denjaka syiah Says:

    lebih baik masuk islam aja, lebih masuk akal
    http://www.convertstoislam.com/Sites/sites.html

    • Klo cuman ngandalin akal belaka, gimana kita bisa percaya Tuhan wong Dia nya nga klihatan

      • HEI AHMAD…LO SELALU MENCELA ARGUMEN ORG LAEN…GUE PINGIN DENGER ARGUMEN LO TENTANG TUHAN???????
        lo sendiri yakin gk adanya tuhan ALLAH????

  31. udh g ush d perdebatin lg…yesus tu bkn tuhan..melainkan utusan allah ato lebh tptnya rasulullah dn mengajarkn keesaan allah..allah tdk d peranakkan,tdk beranak,dan yg terpenting tdk beristri..ms pencipta menikah dgn ciptaannya..g msk akal,hidup allah yg esa..(shalom alaikhem/assalamualaikum)

  32. Shrnya klian smua ga usah memperdebatkan doktrin agama,krn doktrin agama yg buat manusia bro. Gak pernahkan TUHAN kt nyiptain agama. Mengenai YESUS sy cuman ngingetin aja Dia pernah ngomong ke gua klo ga bakalan ada satu orang pun yg bs menuju keselamatan tanpa lewat AKU jd jelaskhan klo Dia itu TUHAN, ga pernah ada khan nabi or rasul yg ngomong ky gt, nabi Muhammad aja minta pengikutnya spy berdoa buat Dia spy masuk surga. Tentang trinitas sy mau kasi perumpamaan telor aja deh, yg namanya telor khan ada kulit telor,putih telor,kuning telor tapi tetep semuanya disebut telor khan begitu jg manusia ada tubuh,jiwa,roh tp tetep dikatain manusia khan.

  33. Pelajari baik- Baik Kitab Suci Kalian Niscaya Kebenaran akan Muncul Terimalah Kebenaran itu TUHAN Itu Tunggal,Satu dia tidak beranak maupun diperanakkan,Jika kita berpendapat tanpa Niat atau belum mempelajari Kitab Suci kita masing-masing secara Tauhid yang ada kita hanya berpendapat tanpa tau Ilmunya dan yang keluar hanya Bualan-Bualan manis yang membuktikan Pendapat kita paling benar dan yang kita dapatkan adalah NOL BESAR,Jadi Lebih Baik Pelajari Kitab Suci Masing-Masing dengan niat Sungguh-Sungguh Mencari Kebenaran Niscaya Semuanya akan terbuka,:),Hanya Allah Yang tau 🙂 dan kita tidak akan pernah mengetahuinya kalua kita tidak mencarinya dengan sungguh-sungguh.

  34. Yang jelas Yesus itu bukan Tuhan !

Leave a comment