Lelaki Feminis Tidak Berpoligami?

Isu poligami selalu sensitif di telinga banyak perempuan. Perempuan mana yang sudi dimadu? Sedikit saja pasangan mencirikan tanda-tanda bermain hati dengan perempuan lain, hubungan cenderung bermasalah. Artinya, tidak ada toleransi untuk hati mendua. Apalagi untuk pasangan menikah, poligami menjadi praktek yang ditolak wanita pun lelaki. 

Namun ternyata, tidak semua laki-laki mempunyai kecenderungan untuk berpoligami. Mereka biasanya disebut dengan laki-laki feminis.

Istilah laki-laki feminis mengacu kepada laki-laki yang bersimpati pada gerakan perempuan, dan terlibat dalam perjuangan perempuan meraih hak-hak dan tuntutannya. Laki-laki feminis memiliki kesadaran tentang kebenaran perjuangan yang diusung oleh gerakan perempuan, seperti perlu adanya dekonstruksi dan revolusi ideologi patriarki yang menimbulkan ketidakadilan terhadap perempuan. Poligami merupakan satu di antara bentuk ketidakadilan yang dialami kaum perempuan.

Tabrani Yunis, aktivis penggerak Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh seperti dikutip R. Valentina dalam Jurnal Perempuan edisi 64 “Saatnya Bicara Soal Laki-laki”, mengatakan sejumlah harapan diletakkan pada pundak laki-laki feminis, termasuk misalnya tidak berpoligami.

Singkatnya, Tabrani mengatakan seorang laki-laki feminis memiliki rambu yang harus dijaga dan dipatuhi. Misalnya:
* Menjaga hal-hal yang tidak merugikan atau melecehkan perempuan.
* Menyelaraskan kata dengan perbuatan atau pendeknya diimplementasikan dalam rutinitas atau keseharian kehidupannya.
* Tidak berucap atau melakukan tindakan yang menyakiti perempuan, baik yang bersifat pelecehan, tindak kekerasan maupun tindakan lain yang merugikan kaum perempuan. Sebagai salah satu contoh adalah tindakan poligami, karena poligami adalah tindakan yang merugikan dan melemahkan posisi perempuan, dan menjadi tindakan yang dibenci oleh banyak orang
baik laki-laki apalagi kaum perempuan dan aktivis feminis.

Berbahagialah Anda yang memiliki pasangan berkarakter lelaki feminis! (Kompas)

Advertisements

6 Responses to “Lelaki Feminis Tidak Berpoligami?”

  1. poligami menjadi bermasalah bermula dari pelanggaran aturan yg ditetapkan oleh Sang Maha Agung tentang tata kehidupan sosial,misalnya : etika pergaulan lawan jenis, cara berbusana yg tidak merangsang lawan jenis dan pola kehidupan yg materialis.
    pertunjukan ini yg kita lihat dan lakoni tiap hari yg menjadikan kita tidak peka terhadap keharmonisan kehidupan keluarga yg harus kita jaga. salah satu efek darinya adalah poligami. padahal baik-buruk poligami tergantung dari niat si pelaku. jadi tidak sembarangan orang bisa berpoligami seperti yg kita duga selama ini.

  2. Saran buat akhwat yg blm pny pasangan, untuk mencari ‘lelaki feminim’. Dijamin deh hidupnya akan damai sejahtera. Asal feminimnya tidak kelewatan, bisa2 bertukar peran kalo gitu…

  3. he he he , perasaan perempuan normal carinya lelaki yang ‘macho’ deh…lagi2 isu poligami…so predictable banget…

  4. Benny Mulia S. Says:

    Sayiddina Rasulullah tidak pernah berpoligami sepanjang Sayiddah Khatidjah as hidup.
    Sayiddina Ali as tidak pernah berpoligami sepanjang Sayiddah Fatimah as hidup.

    Jadi, buat pria-pria yang istri pertamanya masih hidup, ya jangan poligami dooong…
    Hehehehe 😛

  5. Jangan samakan kondisi Rosululloh SAWW hidup dan saat Imam ALi AS hidup dengan jaman kita dong ?
    Jaman mereka memang tidak ada yang sepadan dengan tingkat maqom Mereka AS.

    Lah jaman sekarang , dengan menisbatkan diri kita sejajar dengan Rosululloh SAWW dan Imam ALi AS …apakah kita tidak sama dengan para SALAH FI dan WABAHiyun yang mensejajarkan ABK UBK sejajar dengan Para orang-orang suci ???
    Dengan meng create Sholawat tandingan ….wa shohbihi , wa tabiin tabiin ….?

    Poligami di era jaman sekarang dimana jumlah pria jauh lebih sedikit dibanding dengan Jumlah wanita , maka sangat tidak adil ……kita meninggalkan banyak wanita yang telah dan belum diayomi oleh sosok laki-laki adanya.

    Demikian pendapat dari seorang faqir ilm di tengah belantara dunia

    • abu hasan Says:

      beta mau poligami. dengan niat tulus. kalau ada perempuan Muslim yang siap hidup dengan beta, beta siap pula hidup dengannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: