PBB Kutuk Aksi Teror di Iran

Dewan Keamanan (DK) PBB, Selasa (20/10), mengutuk keras serangan teror mematikan di kota perbatasan Iran, Pishin, yang menewaskan sedikitnya 57 orang dan melukai 150 orang lainnya.

Pengutukan itu dilakukan saat Duta Besar Vietnam di PBB, Le Luong Minh, yang memegang jabatan bergilir Presiden DK, membacakan pernyataan kepada pers di markas PBB, New York.

“Semua anggota DK mengutuk dengan nada paling keras serangan teror mematikan yang terjadi di kota perbatasan Pishin di Iran pada 18 Oktober 2009 sehingga menewaskan sedikitnya 57 orang dan melukai 150 orang lagi,” demikian antara lain isi pernyataan tersebut.

“Anggota DK menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, serta rakyat dan pemerintah Iran,” katanya.

“Anggota DK menggarisbawahi perlunya menyeret pelaku, organisasi, penunjang dana, dan pelaku tindakan terorisme yang tercela ini ke pengadilan, dan mendesak semua negara, sejalan dengan kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan yang terkait, untuk bekerja sama secara aktif dengan pemerintah Iran mengenai ini,” katanya.

“Semua anggota DK menyampaikan kembali tekad mereka untuk memerangi semua bentuk terorisme, sejalan dengan tanggung jawabnya berdasarkan Piagam PBB,” kata pernyataan tersebut.

Pada Senin, satu pernyataan, yang dikeluarkan oleh juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon di New York, mengatakan, “Sekretaris Jenderal dengan keras mengutuk serangan teroris kemarin di Provinsi Sistan-Baluchistan, Iran, yang menewaskan banyak orang dan melukai banyak orang lagi.”

Minggu pagi, satu serangan bom maut terjadi di provinsi Sistan-Baluchestan, Iran tenggara, dekat perbatasan dengan Pakistan, menewaskan sedikitnya 57 orang—termasuk sejumlah komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)—dan melukai 150 orang lainnya.

Ketika menyampaikan belasungkawa mengenai peristiwa itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Minggu, mengatakan, “serangan teroris” tersebut dilancarkan oleh penjahat yang memiliki hubungan dengan pihak luar.(kompas)

Advertisements

2 Responses to “PBB Kutuk Aksi Teror di Iran”

  1. semoga Allah mengutuk umat yang berusaha membuat keonaran dimuka bumi

  2. Seharusnya PBB bukan hanya membuat pernyataan kutukan melainkan menyeret, mepidana mati bagi pelaku teror bom, dan penyumbang dana. Selama ini PBB bersikap diskriminasi terhadap negara-negara islam. Kalau kita melihat penomena yang ada bahwa israel dan sekutunya jelas-jelas melakukan tindak kejahatan kemanusiaan. Dari agresi militer di negara irak, negara libanon, dan negara islam yang lain. Semoga Allah Swt menghancurkan ISRAEL DAN SEKUTUNYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: