Ahmadinejad Turut Berduka atas Gempa Sumbar

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengirimkan surat belasungkawa kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas gempa bumi yang terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya beberapa waktu lalu. Iran pun juga mengalokasikan bantuan tunai maupun logistik untuk para korban.

“Berita duka atas terjadinya bencana gempa bumi di Padang – Sumatera Barat yang menelan banyak korban jiwa dan terluka telah membuat hati kami bersedih dan berduka. Atas nama Rakyat, Pemerintah Iran dan saya pribadi mengucapkan turut berbelasungkawa dan bersimpati,” demikian tulis Ahmadinejad kepada Yudhoyono seperti yang diungkapkan Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta, Kamis 15 Oktober 2009.

“Saya berdoa agar Allah SWT memberikan pengampunanNya kepada para korban yang meninggal dunia, kesembuhan bagi para korban yang terluka serta kesabaran dan ketenangan bagi keluarga para korban, dan juga kemajuan serta kemakmuran bagi rakyat Indonesia yang bersaudara dan bersahabat,” lanjut Ahmadinejad.

Kedubes Iran juga mengungkapkan bahwa Yayasan Sosial Imam Khomeini (Imam khomeini Relief Foundation) mengalokasikan bantuan uang tunai untuk daerah-daerah yang mengalami gempa bumi di Indonesia. Bantuan itu sebesar Rp 550 juta.

Pada saat yang sama, Bulan Sabit Merah Republik Islam Iran juga telah mempersiapkan bantuan non-tunai sebesar 33 ton. Bantuan itu terdiri dari berbagai komoditas berupa tenda, tiker, makanan dalam kaleng, bahan-bahan pembersih, dan lain-lain.

Gempa bumi berkekuatan 6,7 pada Skala Richter yang terjadi 30 September lalu telah memakan korban tewas sebanyak 1.117. Data itu berdasarkan laporan dari Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. Korban terbanyak berada di Kabupaten Pariaman.  (VIVAnews)

Advertisements

3 Responses to “Ahmadinejad Turut Berduka atas Gempa Sumbar”

  1. abu al hasan Says:

    Ya Allah, seandainya beta memiliki ketajaman pena seperti Muhsin labib. beta tidak tahan dengan tulisan seorang Dosen HI UGM, di jawa pos, yang ‘mencerca” negara-negara Timur Tengah yang tidak aware dengan Gempa Sumatera. dikatakan dalam tulisan itu, indonesia tidak mendapat manfaat apapun dari perkawannya dengan Timur Tengah. termasuk Iran.

    Beta bersyukur bila Muhsin labib luang waktu untuk nulis di jawa pos lagi.

  2. Alhamdulillah. Terima kasih ust atas informasinya. Saya yakin Iran tidak tinggal diam dengan tragedi gempa di Indonesia, hanya saja beritanya tidak diekspose oleh media, shg ada kesan hanya negara barat saja yg memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia.

  3. kemana saya mengajukan proposal untuk dapat abntuan itu, saat ini saya lagi mengelola posko pramuka peduli untuk membantu korban gempa di padang pariaman, kegiatan kita adalah distribusi bantuan sembako, dan pembangunan pondok-pondok sementara bagi masyarakat yang rumahnya rubuh, Kemampuan masyarakat disini untuk membangun kembali rumahnya di bawah 3 tahun hanya sekitar 20%, lainnya tidur ditenda, rumah saudara, atau surau-surau yang masih baik. Ada juga yang nekat tidur dirumahnya yang rusak. Untuk itu kami punya program membangun pondok-pondok yang mempunyai daya tahan 3 tahun dari kayu. Sementara ini kami sudah di bantu Kwarnas untuk 20 Unit pondok, tapi permintaan akan pondok ini sangat banyak, Kami kekurangan relawan, tukang dan bahan bangunan. Sungguh suatu hal yang kami harapkan kalau ada teman-teman yang bisa bantu, trims

    Go-Blog: Kunjungi site http://www.jausan.org atau gabung dg jausan malang di facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: