Ahmadinejad Yahudi?

Dalam kamus kelompok sayap kanan pro-Israel, ada dua cara membunuh karakter musuh mereka. Pertama, menuduh orang itu sebagai anti-Semit (anti-Yahudi). Kedua, menebar isu bahwa orang itu berdarah Yahudi yang membenci Yahudi (self-hating Jew). Dan, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad adalah target terbaru mereka.

Pada 3 Oktober 2009, The Telegraph menurunkan tulisan yang memuat tuduhan Ahmadinejad memiliki akar Yahudi. Di tanah air, tulisan harian Inggris yang kerap merepresentasikan pandangan sayap kanan pro-Israel itu dimuat harian Kompas edisi 7 Oktober 2009.

Dengan meng-“close-up” foto KTP Ahmadinejad yang menunjukkan bahwa sang Presiden dulu bernama belakang “Sabourjian”, ahli Iran yang dikutip Telegraph yakin Ahmadinejad adalah Yahudi yang berupaya menyembunyikan identitas masa lalunya lewat sikapnya yang anti-Israel.

“Sabourjian” secara tradisional berasal dari Aradan, tempat kelahiran Ahmadinejad. “Sabour” adalah nama selendang Tallit Yahudi di Persia, sementara “Sabourjian” bisa diartikan sebagai “penenun Sabour”. Nama ini ada dalam daftar nama-nama warga Yahudi di Iran yang dikumpulkan oleh Kementerian Dalam Negeri Iran. Akhiran –jian juga menunjukkan bahwa si pemilik nama berlatar belakang Yahudi.

Tapi, “Nanti dulu”, tulis Meir Javedanfar, analis Timur Tengah Israel kelahiran Iran seperti dimuat harian Inggris lainnya, The Guardian, pada 5 Oktober 2009. “Sebagai orang yang pernah menulis biografinya, saya akan sangat senang mengatakan kepada anda bahwa klaim ini tidaklah akurat. Sabourjian adalah nama yang disematkan kepada para pelukis corak karpet,” jelas Javedanfar. Sebagai catatan, orang Yahudi di Iran adalah komunitas Yahudi paling tua ketimbang Yahudi di kebanyakan negara Eropa. Sehingga, “di Iran orang Islam dan Yahudi kerap berbagi nama belakang yang sama,” lanjutnya.

Menurut Cyrus Safdari, analis Timur Tengah kelahiran Iran lainnya, isu Ahmadinejad sebagai “Yahudi yang membenci keyahudiaannya” merupakan kelanjutan dari propaganda “Ahmadinejad adalah Hitler”. Bukan rahasia lagi jika Hitler secara luas diklaim memiliki akar Yahudi, dan latar belakang inilah yang menyebabkan sang “fuhrer” sangat membenci Yahudi.

Bagian menggelikan dari klaim di Telegraph adalah bahwa –jian merupakan akhiran yang khusus untuk orang Yahudi. Mungkin seseorang harus menjelaskan hal ini kepada George Deukmajian, mantan gubernur California keturunan Armenia. Atau kepada semua orang Armenian lainnya yang selama berabad-abad hidup di Iran dengan nama belakang berakhiran –jian.

Rumor Ahmadinejad seorang Yahudi sebenarnya bukan hal baru. Pada awal 2009, Radio Liberty/Radio Free Europe pernah memuat isu yang sama dengan berlandaskan tulisan blog orang Iran yang anti-Ahmadinejad. Selain itu, semua penulis biografi Ahmadinejad telah secara rinci menulis tentang keluarganya. Alhasil, nama “Sabourjian” bukanlah rahasia lagi yang menuntut media sekelas Telegraph untuk membuktikannya dengan meng-“close-up” KTP Ahmadinejad.

Ayah Ahmadinejad pada awalnya bekerja sebagai petani di sebuah desa di Aradan. Ketika pindah ke kota metropolitan Tehran demi kesempatan ekonomi yang lebih menjanjikan, dia ingin memutus hubungan keluarganya dengan latar belakang petani. Sehingga dia mengubah nama anaknya menjadi Ahmadinejad dan mulai bekerja sebagai pandai besi. Semua biografer menulis ayah Ahmadinejad sejak awal Muslim Syiah yang taat, dan jemaah setia sebuah mesjid di distrik miskin Narmak, selatan Tehran.

Alasan perubahan nama Ahmadinejad lebih berhubungan dengan perjuangan kelas ketimbang hal-hal lainnya. Hampir semua warga pedesaan di Iran mengubah nama belakang mereka ketika pindah ke kota-kota besar. Ini dilakukan untuk menghindari diskriminasi yang dilakukan warga kota ketika itu.

Sementara itu, ibu Ahmadinejad adalah seorang seyyede, gelar bagi perempuan yang keluarganya dipercaya memiliki garis keturunan Nabi Muhammad. Dan pada kenyataannya keluarga ini amat bangga dengan latar belakang ibu mereka. Setiap orang di Aradan memanggil ibu mereka dengan gelas Islam-nya, seyyede.

Jadi untuk rumor yang satu ini, silakan anda tertawa keras-keras. Inilah dagelan Srimulat ala Barat. (Posted by Jemala Gembala)

Advertisements

8 Responses to “Ahmadinejad Yahudi?”

  1. wahyu btm Says:

    Propaganda ini jelasmenggelikan sebab dilansir oleh media yahudi. tapi toh kalau memang benar memangnya kenapa???MAN bukan orang yang anti yahudi sebagaimana orang syiah pada umumnya, sebab setiap orang yahudi tidak minta dilahirkan sebagai yahudi.
    MAN anti zionis dan anti penjajahan, coba bandingkan dengan raja2 arab dan pemimpin Islam yang lain, alih2 membela rakyat Palestina dari penjajahan Israel yang zionis dan Amerika, mereka malah selalu bermesraan dengan penjajah dan bahkan membantu penjajah untuk terus menjajah asalkan kekuasaan mereka tetap terjaga.
    Nah…andai MAN memang benar bangsa yahudi, apakah sikap raja2 arab lebih baik darinya???

  2. Benny Mulia S Says:

    Hanya cukup HA..HA..HA..HA..!!
    Benar benar geli

  3. ema rachman Says:

    ha ha ha ha…. keledai aja NGARTI…kasian tuh zion2 nis yang USAHA banget ber propaganda anti MAN & anti Iran …demi lawan apapun di lakukan…kasian banget..hidupnya hanya untuk bersiasat…akal2in biar musuh jatuh…mereka pikir hidup cuma di dunia kali…ga ada HUKUM sebab akibat apa??? sakit berattt…

  4. Yahudi dengan propaganda nya.. negara barat dan eropa yang mendukung nya…sama sekalli tidak akan menjatuhkan pamor MAN dengan iran nya yang berada di garis terdepan untuk berani melawan negara-negara arogan kaum “mustakbirin”, terdepan dalam membela hak-hak kaum mustad’afin…

    two thumbs up 4 MAN ..

  5. assalaamualaikum wr.wb.
    salam kenal kank muhsin labib
    bagus-bagus kank koleksinya. tukeran link yuk
    mksh

  6. aku tetap mendukungmu Iran

  7. dildaar80 Says:

    salam kenal pak…

  8. dildaar80 Says:

    Alasan perubahan nama Ahmadinejad lebih berhubungan dengan perjuangan kelas ketimbang hal-hal lainnya. Hampir semua warga pedesaan di Iran mengubah nama belakang mereka ketika pindah ke kota-kota besar. Ini dilakukan untuk menghindari diskriminasi yang dilakukan warga kota ketika itu.
    Kok bisa begitu ya?
    Bisa diberikan contoh2 lainnya pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: