PT Pindad Bantah Jual Senjata ke Israel

Juru Bicara PT Pindad Timbul Sitompul tegas membantah adanya dugaan senjata yang diproduksi Pindad sudah dijual ke Israel. Timbul menyatakan,  dugaan itu salah apalagi, pemerintah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara Israel.

“Jadi, saya tegaskan, tidak ada senjata yang kami produksi (PT Pindad) yang pernah dijual ke Israel. Ke para teroris pun tidak. Kalau ke Filipina dan ke Mali, memang kami membenarkan adanya penjualan senjata dan itu sudah sesuai dengan prosedur resmi,” kata Timbul.

Timbul kemudian menguraikan, senjata milik PT Pindad yang dijual ke Filipina berjumlah 10 buah berjenis pistol PS. Senjata itu sedianya akan untuk organisasi persatuan olahraga tembak Filipina. “Kalau di Indonesia istilahnya Perbakin. Jadi, penjualan itu resmi, bukan ilegal. Sementara untuk penjualan ke pemerintah Mali, berjumlah 100 unit senjata laras panjang dengan tipe SS VI,” Timbul menjelaskan.

“Nah, pihak yang membawa senjata milik kami itu, memang kami akui tertangkap di Filipina. Kapal Panama ‘Capt Ufuk’ itu memang membawa senjata untuk Mali juga. Saat pembelian, yang menentukan dengan apa senjata itu dibawa adalah pihak pembeli, bukan kami. Mungkin, pihak kapal tidak memberitahu ke pemerintah Filipina bahwa ada senjata yang juga diperuntukkan untuk pemerintah Mali sehingga tertangkap. Saya rasa, ada kesalahan prosedur soal pengiriman senjata dan bukan kesalahan dari kami,” Timbul Sitompul menjelaskan lagi.

Ia kemudian menegaskan kembali, penjualan senjata bukanlah perkara yang gampang, meski hanya dijual hanya satu pucuk. Prosedurnya sangat ketat dan harus diketahui oleh pemerintah, dalam hal ini pihak Departemen Pertahanan.

Tidak sembarangan untuk bisa melakukan penjualan senjata, prosedurnya sangat ketat dan disertai dokumen-dokumen yang harus diketahui oleh negara. Satu senjata saja dijual oleh kami, itu perlu ijin  yang ketat. Jadi, saya berharap soal tertangkapnya kapal di Filipina yang mengangkut senjata kami yang dijual ke Filipina dan Mali, mudah-mudahan bisa diselesaikan dengan baik. Karena mungkin, ada prosedur dari pihak pembeli yang tidak melapor dulu ke pemerintah Filipina sehingga tertangkap,” tandas Timbul Sitompul.(kompas)

Advertisements

One Response to “PT Pindad Bantah Jual Senjata ke Israel”

  1. denjaka syiah Says:

    israel semua pasukannya mulai dari cadangan sampai sayaret, sudah dipersenjata dengan M4 carbine, rifle canggih US. di Indonesa senjata ini hanya dikuasai oleh operator densus, (yg memiliki hub khusus dg amerika) bahkan gultor81 tidak mempunyai senjata ini, saya rasa kalo mmg ada penjualan ke Israel, besar kemungkinan atas dasar permintaan sipil, mungkin untuk olahraga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: