Waduh, Banyak TKI Tidak Terpuji di Saudi

Menteri Luar Negeri RI Hassan Wirajuda mengakui, beberapa tahun ini banyak tenaga kerja Indonesia yang tidak terpuji di Saudi Arabia.

Mereka pergi ke Saudi dengan alasan menunaikan umrah, tetapi setelah itu mereka menghilang dan bekerja secara ilegal. Setelah mendulang uang di sana, mereka pun menjajakan diri di jalan dengan tujuan ditangkap polisi Saudi dan dipulangkan ke Indonesia secara gratis.

“Saya pernah melihat langsung di Saudi. Mereka memamerkan diri, berdiri di jalan, tidur di bawah jembatan, dan lainnya. Ini ulah yang tidak terpuji,” ujar Hassan kepada wartawan, Rabu (29/7) ketika ditanyai mengenai adanya sejumlah TKI yang tidak diurus oleh konsulat jenderal di Saudi.

Menurut Hassan, konjen sebenarnya telah meminta para TKI tersebut melaporkan diri. Namun, mereka tidak mengindahkannya. Para pekerja tersebut takut, jika konjen mendapati mereka memiliki uang, mereka akan diminta kembali ke Tanah Air dengan uang sendiri.

Kedutaan besar Indonesia dan konjen di seluruh dunia, terutama negara-negara tujuan TKI, kata Hassan, selalu berkomitmen melindungi para TKI. Bagi TKI yang tersangkut kasus pidana, kedubes/konjen setempat akan memberikan bantuan hukum serta menugaskan pengacara lokal untuk mendampingi dan mengikuti kasus mereka.(kompas)

Advertisements

5 Responses to “Waduh, Banyak TKI Tidak Terpuji di Saudi”

  1. aduh.. ini pasti ulah bangsaku.
    kapan mau sekolah SMP ya?

  2. ini hanya 1 dari sekian bukti bahwa pemerintah indonesia belum dapat memberikan penghidupan yang layak bagi setiap warganya….

  3. tafik delfi Says:

    lebih pintar org kita ketimbang org saudikan????????? yg penting gratis….emang maunya grtisasn

  4. abu al hasan Says:

    kok menyalahkan rakyat ? ini pikiran apakah ? aneh.

    ML: Dimuat di blog ini karena kita mesti memberikan informasi berimbang. Pemerintah bisa salah, rakyat juga… Apakah anda penyembah rakyat? he he he …

  5. wahyu btm Says:

    Lha gimana…wong udah diberikan contoh oleh para pemimpinnya seperti itu, kan mayoritas pemimpin negri ini kelakuannya tak terpuji…
    Padahal dari mereka pemerintah mendapatkan devisa dengan harga murah, tapi yang namanya tki dimanapun tak dianggap apa2 oleh pemerintah, bahkan mereka sering diperas oleh aparat pemerintahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: