Iran Bebaskan 140 Pemrotes Hasil Pemilu

Sekitar 140 pemrotes yang ditahan dalam aksi menentang hasil pemilihan presiden Iran Juni lalu, telah bebas dari penjara. Kini, tinggal sekitar 200 orang lagi yang masih ditahan dan dituduh melakukan kejahatan berat.

Kazem Jalali, juru bicara komisi kebijakan luar negeri dan keamanan nasional parlemen Iran, Selasa 28 Juli 2009, mengatakan, 140 tahanan tersebut memberikan uang jaminan dan dibebaskan dari Penjara Evin di utara ibukota Teheran. Mereka dibebaskan saat dilakukan inspeksi penjara oleh tim dari komisi, termasuk Jalali.

Namun, seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, Jalali mengatakan bukan kunjungan tersebut yang memicu pembebasan tahanan. Tahanan yang dibebaskan bukan tokoh politik. Mereka dituduh berpartisipasi dalam demonstrasi pasca pemilihan presiden 12 Juni.

Salah seorang yang masih ditahan adalah Shahpour Kazemi, saudara ipar pemimpin oposisi Mir Hossein Moussavi. Namun keterangan itu didapat dari istri Moussavi, Zahra Rahnavard. Ratusan orang ditangkap dan ditahan pasca pemilihan umum.

Pejabat pemerintah mengatakan pekan lalu, pengakuan dari tahanan yang tersisa akan segera dipublikasikan. Sementara itu, Presiden Mahmoud Ahmadinejad dikabarkan akan bersikap lunak kepada para tahanan.(vivanews)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: