MAN Janji Bongkar Korupsi Para Mantan Pemimpin Iran

Notes ini saya tulis saat pidato Ahmadinejad di hadapan ratusan ribu masaa di Tehran dalam rangka pesta rakyat atas kemenangannya ditayangkan secara live oleh televisi alalam.

Pidato MAN benar-benar dahsyat. Ia sempat berjanji akan membuka kasus-kasus yang terkait dengan dugaan korupsi yang melibatkan banyak pejabat tinggi Iran selama 30 tahun sejak berdirinya Republik Islam Iran. “Setiap orang berposisi sama di hadapan undang-undang. Tidak ada yang berhak menganggap dirinya sebagai kelompok elit dan paling berjasa bagi Revolusi,” katanya disambut gegap gempit massa.

Dalam pidato yang didadakan di jalan utama Tehran Utara, Vali Asr, itu, MAN berjanji akan memfokuskan tugas utamanya dalam memerangi korupsi, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahtaraan yang berasaskan pemerataan.

MAN sempat mencibir mereka yang menuduhnya melakukan kecurangan dalam pilpres. “Amerika, Israel dan Barat sangat kecewa dengan hasil pilpres ini karena mereka menduga bila mereka yang memenangkan pilpres maka Iran dapat ditekan terutama berkeaitan dengan program nuklir”.

Yang menggelikan adalah komentar MAN soal kesayyidan. Gelar “sayyid” dalam masyarakat Syiah memang memiliki pengaruh yang sangat besar. Menjawab kampanye Mosavi yang dalam kampanye membawa-bawa “kesayyidan” sebagai cara untuk mendongkrak popularitas, MAN yang hari itu mengenakan selendang hijau (simbol kesayyidan dari sisi ibu), mengatakan bahwa dirinya , tanpa bermaksud mengeksploitasi simbol mulia itu, adalah  orang yang juga berhak untuk mengaku sebagai “sayyid” karena ibunya juga cucu Nabi..

Advertisements

14 Responses to “MAN Janji Bongkar Korupsi Para Mantan Pemimpin Iran”

  1. Apa benar seorang yang ibunya dari cucu Nabi juga berhak disebut “sayyid”? setau saya dalam buku Fatwa Syd. Ali Khamenei tidak dibenarkan.

  2. Mushadiq Ali Says:

    inilah ‘Sayyid’ yang rendah hati dan dicintai
    tetap santun dan terus melangkah maju, terus beramal dan membangun tanpa trik-trik basi mengeksploitasi pencitraan/simbol mulia ini.

    salam,
    salam ‘alaik!

  3. Mushadiq Ali Says:

    oh ya, Ustadz!
    kalau bisa terjemahan pidatonya diposting dong!
    jadi penasaran seperti apa isinya, pasti kewreennn abiezzz…!!!
    pengunjung blog yang lain juga pasti juga setuju…, ya nggak, kawan?

  4. Hussein Ali Says:

    Sudah tentu setuju. Begitu juga dgn siri dialog dgn ketiga-tiga calon lain, harap dpt juga diposting di sini. kerna khabarnya selepas dialog dgn Mousavi, popularitas MAN terus menaik dratik. Apa benar adanya?

  5. Assalamualaikum wr wb

    Setahu yang saya tangkap dalam pidato Ahmadinejad kemaren yang waktu itu saya juga melihat secara live dari layar TV Chanel 1 Iran adalah Ahmadinejad tidak menyebut dia sebagai Sayyid, tapi mengatakan bahwa dia adalah anak keturunan rasulullah dari pihak ibu. Jadi mungkin yang perlu digaris bawahi adalah kata Sayyid dan anak keturunan Rasulullah. Dalam risalah amaliah Tahrirul Wasilah juga di sebukan bahwa keturunan dari pihak ibu yang sayyidah juga disebut anak keturunan rasulullah, hanya saja mereka tidak berhak mendapatkan hak-hak sebagaimana hak sayyid dari pihak bapak semisal khumus dll.

    Demikian…

    Wassalam wr wb

  6. MOSLEM GOTHE Says:

    Pokoke Hebat Deh….Apabila MAN bukan Sayyid pun, dengan kondisi perjuangan beliau, bisa kita gelari Sayyid secara ideologis kayak Salman Al Farisi dan Abu Dzar

  7. KOQ..PEMERINTAH KITA BELUM KASIH UCAPAN SELAMAT KEPADA AHDINEJAD YA??….APA KARENA PEMERINTAH KITA TAKUT SAMA AMERIKA???….HANCURKAN!!!

  8. MOSLEM GOTHE Says:

    Pertarungan 2 Tokoh Revolusi : Rahbar Versus Rafsanjani…..Ini akan membuat Dinasti Rafsanjani gerah….Anak2 dan Kroni2 nya ( Mafia Ekonomi Iran ) pasti akan fight menahan arus kebenaran Mr. Man yang di back up Rahbar agar dinasti tsb tidak ketahuan bobrok nya…dan disinyalir juga mantan presiden yang memakai imamah sayyid juga menemui orang2 Pihak2 Asing Barat…Mr. MAN bersihkan biarpun mereka memakai sorban dan jubah keulamaan…Keulamaan mereka karena pintar doang, belum tentu hatinya..Yang pasti bentrokan yang terjadi membuat satu BANK yang menjadi kenangan ku di teheran yakni Bank Tejarat di Jalan Mir Damad terbakar…hiks hiks hiks…..Politik Iran adalah Politik ala Jawa..Mendhem Jero, tidak bisa ditebak, diluar serba basa basi dan senyam senyum…ini tidak disadari oleh orang diluar Iran…di pikir baik2 saja padahal Politik Iran penuh dengan intrik…..kita tunggu Vulgarnya Politik Iran….Semoga tidak terjadi sampai perang saudara yang didalam kancah politik orang2/tokoh2 internal pemerintahan menular ke masyarakat umum….Allahu a’lam

    • ya memang tak ada yang sempurna selain orang yang memang dikehendaki Allah swt. jadi tak heran jika di Iran pun ada orang-orang yang tak jujur, dan sudah barang tentu perselisihan pendapatpun sudah pasti ada.
      makanya saya pribadi memandang bahwa apa yang terjadi pada pemilu di Iran bukanlah sesuatu yang sangat mengejutkan dan membuat terlalu kecewa, bahkan jika ini bisa diselesaikan dengan baik nantinya, maka akan terjadi pengkristalan pada ideologi konsep pemerintahan Islam yang diusungnya.
      mengingat akan pentingnya negara islam yang tangguh seperti Iran, maka selayaknya kita berdoa agar Allah memberikan pertolongan sehingga Revolusi Islam yang dijalankan oleh rakyat Iran dapat melalui ujian2 baik dari dalam maupun dari luar.

  9. persatuan di Iran lagi diuji, semoga lulus dari ujian ini.
    Ya Mahdi tolonglah para penyambutMu ini.

  10. pazdaran1 Says:

    ass.wr.wb
    karena janji MAN itulah (Pidato MAN benar-benar dahsyat. Ia sempat berjanji akan membuka kasus-kasus yang terkait dengan dugaan korupsi yang melibatkan banyak pejabat tinggi Iran selama 30 tahun sejak berdirinya Republik Islam Iran )
    ituyang memicu kerusuhan pilpres diiran karena banyak yang kebakaran jenggot dan banyak yang akan terbongkar manusia manusia tamak dan munafikun yang berjubah maupun yang non berjubah.hidup MAN untuk kebenaran yang selalu ditegakan.hidup RAHBAR

  11. ema rachman Says:

    Sungguh bodoh Moesavi…sebagaimana yang sudah diperingatkan Rahbar…dengan perilakunya itu sungguh mudah ditungganggi Barat…liat aja amerika udah sok khawatir., ini sasaran empuk untuk memecah belah..sungguh dia telah membuka peluang untuk menghancurkan Islam ( bangsa Iran)….MAN udah berupaya keras mengangkat bendera Islam ke dunia international sehingga zionist kucar kacir…takut abis…dan kelimpungan….ehh dia sok pengen gabung dengan masyarakat International ( barat)…payah tuh…..begitulah kalo orang2 yang mau sok maju sendiri …ingin diakui International….lupa visi misi awal….nyerahin harga dirinya…..semoga Imam Zaman atfs menyelamatkan Rep Islam Iran….ya…apapun yang mau naik pangkat dan derajat…cobaan tambah banyak dan sulit…..at the end is for the better!!! that’s for sure…

  12. ema rachman Says:

    tadi respon saya….karena sekarang pendukung Moesavi sdg protest dan turun kejalan ga rela kalah minta diulang…..dia sudah kemakan gengsi dan malu…kemaren belum apa2 udah umumin kemenangannya…padahal belum tuntas… lagian gimana mau bilang salah perhitungananya orang bedanya aja setengahnya…kalo beda2 tipis mungkin dia pengen minta ulang( itu pun ga boleh), tapi ini MAN menang mutlak beda 63% ke 32%…wah jangan2 dia punya agenda khusus tuh titipan barat…memalukan….hari gini masih pengen ber’barat’2 ria…kalo di indonesia mah udah biasa…makanya lebih memalukan…kasihan…Imam Khomeini Sang Arsitek Revolusi Iran….adrikna ya MAHDI

  13. The Third Revolution has begun!! May it form the final gate of which the arrival of our Master, Imam ibn Hassan, shall pass through.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: