Ketum PD Sampaikan Permohonan Maaf Ruhut

Setelah hampir satu pekan menjadi bahan polemik, Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompoel, memohon maaf secara terbuka atas komentarnya yang bernada SARA. Permintan maaf ditujukan pada etnis bersangkutan dan seluruh rakyat Indonesia.

Permintaan maaf Ruhut disampaikan di Kantor DPP PD, Jl Pemuda, Jakarta, Senin (1/6/2009). Ketum DPP PD Hadi Utomo dan Ketua FD-DPR, Syarif Hasan hadir mendampinginya dalam kesempatan petang ini.

“Saya ingin menjernihkan yang terjadi pekan lalu dalam perdebatan tim 3 capres. Waktu itu ada perdebatan cukup tajam, kami diserang habis-habisan sehingga saya harus membela diri. Mungkin karena pada dasarnya dibesarkan di Betawi jadi ada salah-salah kate, sehingga ada salah satu etnis yang tersebutkan. Saya memohon maaf atas kejadian itu. Kita berharap supaya tetap mendukung pasangan yang sudah kita dukung SBY-Boediono. Dari lubuk hati paling dalam saya mohon dimaafkan,” kata Ruhut.

Usai menyampaikan permohonannya, Ruhut langsung meninggalkan lokasi. Alasannya ada agenda lain yang sudah menunggu. Sesi perminaan maaf resmi itu pun lalu dilanjutkan Ketum DPP PD Hadi Utomo dan Ketua FD-DPR, Syarif Hasan.

“Karena Ruhut kader PD, tentunya kami juga mohon maaf kepada saudara-saudara dan sahabat yang merasa tersinggung. Semoga ke depan nanti akan lebih baik lagi,” ujar Syarif.(detik)

Advertisements

13 Responses to “Ketum PD Sampaikan Permohonan Maaf Ruhut”

  1. ALI ALAYDRUS Says:

    TERLAMBAT….ANDA TERLAMBAT WAHAI RUHUT YA BAHLUL…TAPI SEKARANG SAYA AMBIL HIKMAHNYA DR RASIS NYA RUHUT…TERNYATA DEMOKRAT MEMANG SEGITU AJA ISINYA…TERLAMBAT WAHAI RUHUT..LUKA ITU TERLALU DALAM..TERLAMBAT..MAU TAU SOLUSINYA ? PECAT RUHUT..LUKA ITU AKAN SEMBUH

  2. abadalaabidiin Says:

    ngomong2 komentar bang Ruhut seperti apa ya?

  3. RUHUT..RUHUT..KAU MEMANG BAHLUL….GARA-GARA KAMU…SEMUA ORANG PARTAI DEMOKRAT DICAP SEPERTI KAMU DAN RIZAL, TIDAK BERBUDAYA…SAYA JADI TIDAK SIMPATIK SAMA DEMOKRAT DAN CAPRESMU…SUDAHLAH…MUNDUR AJA BAHLUL…ATAU SAKIT HATI INI MEMBUAT SBY BETUL-BETUL DICAP SEPERTI KAMU DAN RIZAL …

  4. Setiap org yg minta maaf, wajib dimaafkan.
    Tapi tunggu dulu…., Minta maaf yg kriterianya tdk terpenuhi tentulah tertolak.

    Coba liat gaya minta maafnya Si Ruhut, berlindung lagi dibelakang suku Betawi. Artinya seakan org Betawi akrab dg ucapan yg salah dipenuhi unsur SARA. Sekedar diketahui, org Betawi paling akrab dg org Arab, dan mempertahankan keakraban tsb sampai dg sekarang.

    Inilah cara memohon maaf yg dipaksakan, tdk tulus bahkan cenderung mempolitisasi keterpojokannya. Saya kira Si Ruhut hanya mau menguji kekuatan & kekompakan org Islam, kalau peghinaannya tdk ditanggapi, pasti dia akan melakukan manuver yg lebih parah lagi yg penuhi kebencian SARA. Semua ini dilakukan krn pesanan dari luar.
    Tidak ada maaf bagimu yaa Si Ruhut

    • Hurairah & Jerry Says:

      Begitulah gaya Si Poltak, anjing menggonggong trus ngumpet di belakang majikannya. Kalau memang si Poltak itu gentelman sehebat waktu dia mengkritik, dia harus berani seorang diri unutk meminta maaf. Ambil hikmahnya, kita jadi tahu seperti si Poltak itu.

  5. Pecat ruhut, jika SBY pingin menang…!

  6. memohon maaf kok masih pakek alasan. diseranglah inilah, kepepetlah. demi kebenaran dan kepentingan negri ini, ketegasan itu diperlukan!
    bila Ketum PD tak bisa menindak tegas Ruhut, sebaiknya Ketum PD diganti aja dengan orang yang sekarakter dengan JK.

  7. mila sungkar Says:

    wah aq ketinggalan ni…
    komennya ruhut kayak ap c?
    kok mpe harus minta maap?

  8. “Mungkin karena pada dasarnya dibesarkan di Betawi jadi ada salah-salah kate”

    hubungan dibesarkan di betawi ama salah2 kate apaan sih???

  9. Wah ternyata PD kacau beliau, isinya orang kayak rizal dan ruhut dijadikan tim sukses…Mereka ini kelihatan kalau amerikanis, sampai-sampai ketahuan belang ruhut dengan mengecam dunia arab dan keturunan arab di Indonesia… Dia nggak pernah baca sejarah kali, kalo negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir, dan surat untuk pengakuan itu dibawa oleh AR Baswedan, tokoh kemerdekaan…. Dia tidak tahu kalo tokoh-tokoh keturunan arab Indonesia berjuang bersama pejuang pribumi mengusir penjajah belanda.. Kalau diukur materi duit yang mengalir sekarang memang bukan dari Arab (seperti yang ada dalam benak ruhut), karena memang psikologis kita belum merdeka banget… masih banyak yang bisa disuap oleh para penjajah neo kapitalisme. Saran saya SBY keluar saja dari PD dan cari partai lain….

  10. Keturunan Arab WNI Says:

    Menurut sejarah yang saya kutip dari dokumen Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

    “Delegasi resmi RI untuk mendapatkan pengakuan dunia sejak proklamasi Kemerdekaan diketuai oleh H.A. Salim, Wakil Menteri Luar Negeri. Kunjungan ini menghasilkan perjanjian persahabatan RI dan Mesir (Juni, 1947). Bagi RI perjanjian ini adalah suatu dukungan moral yang tinggi, karena dengan perjanjian ini kehadiran RI diakui secara resmi dalam pergaulan internasional. Mesir akan selalu dikenang sebagai negara yang pertama kali mengakui kedaulatan RI. Setelah itu menyusul perjanjian persahabatan dengan Suriah (3 Juli 1947) dan Lebanon (9 Juli 1947) serta Irak.”

    Bisa kita lihat negara-negara yang paling awal mengakui kemerdekaan, kedaulatan dan juga mendukung Republik Indonesia adalah negara-negara Arab. Belum lagi dukungan moril & materil warga keturunan arab di Indonesia. Jadi pernyataan Ruhut hanya ocehan orang yang tidak tahu atau sengaja memelintirkan sejarah. Tidak lupa pesan untuk keturunan arab lainnya, Insha Allah, kita jangan sampai terprovokasi kemudian balik mencaci-maki suku Batak karena ulah orang bodoh seperti Ruhut.

  11. MOSLEM GOTHE Says:

    Dalam Islam tidak mengenal warna kulit,bentuk mata,bentuk hidung, mau jawa,sunda,sulawesi,irian dan sebagainya…Semua sama di Mata Rabbul Alamin kecuali tingkat ketakwaannya…

    Buat Saudara Ruhut, semoga Petunjuk selalu terlimpah setelah ucapan saudara yang bagi sebagian penduduk Indonesia dari keturunan tertentu sangatlah menyakitkan….Semoga permintaan saudara diterima penduduk Indonesia yang merasa sakit atas pernyataan saudara…

    Buat Saudara2 yang merasa Panas atas pernyataannya, janganlah cepat naik pitam/ sumbu pendek…..karena saya yakin tidak semua keturunan tertentu tsb sesuai dengan pernyataan Bung Ruhut….

    Pada dasarnya mau nenek moyang kita dari keturunan apa, dari mana saja, golongan apa saja KITA TETAP BANGSA INDONESIA…..

    Hilangkan semangat kita golongan atau keturunan tertentu….kedepankan semangant bahwa KITA BANGSA INDONESIA…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: