KAJIAN SERIAL EPISTEMOLOGI DI ICC


(Selasa  2 Juni 2009, 17.00-18.30)

Jika kita menoleh ke belakang atau mencari titik akhir dari alam material, maka kita akan menemukan benda pertama terkecil di dalamnya, yang disebut dengan atom atau partikel atau energi. Yang pasti,  ada sebuah entitas material yang merupakan asal muasal dari alam yang kompleks ini. Setiap entitas material di alam ini adalah kumpulan dari atom-atom yang jumlahnya tak terkirakan.

Brosur epistemologi copy2

Atom memiliki substansi dan ciri tertentu. Ada entitas material tertentu yang memiliki ciri atom dan sekaligus menyandang sifat-sifat substansial yang tidak ada dalam setiap entitas atomik atau materi. Batu dapat dipandang sebagai benda, karena ia berada dalam ruang dan waktu, dapat dipandang sebagai atom, karena benda terkecil adalah atom, dan dapat pula dipandang sebagai benda padat, karena ciri kepadatannya yang khas, demikian pula air yang merupakan benda atomik sekaligus benda yang menyandang sifat cair, demikian pula gas, api atau ion.

Selain benda padat, cair dan gas, terdapat entitas material padat, cair dan gas yang memiliki ciri-ciri khas lebih. Tumbuh-tumbuhan dengan segala macamnya, daun, kembang, tangkai, pokok, buah, biji dan sebagainya bukanlah sekedar benda padat, namun ia “berkembang” dan “tumbuh”.

Di tengah tumbuh-tumbuhan, ada sekelompok entitas yang merupakan benda bekembang sekaligus “berindera” dan “berperasaan”, yaitu hewan atau binatang. Ia bergerak dengan kehendak dan nalurinya, makan, minum, melakukan aktivitas seksual, menyusui anaknya dan sebagainya.

Di tengah hewan ada sekelompok hewan yang tidak hanya berperasaan dan berindera, namun juga berakal (mempunyai akal).Dialah manusia.

Diantara manusia ada sekelompok orang yang tidak hanya berakal, namun berpikir. Mereka menggunakan akalnya dengan cara mengoleksi konsep-konsep lalu menyusun dan melahirkan konsep-konsep baru yang disebut dengan pikiran-pikiran (ideas).

Di antara manusia-manusia yang berpikir, ada sekelompok manusia yang tidak hanya mengolah data dan konsep namun menyusunnya secara rapi mengikuti pola penalaran yang baku (logika).

Di antara manusia-manusia yang berpikir secar logis, ada sekelompok orang yang meyakini konsep-konsep di benaknya sebagai pantulan dari kenyataan (pengetahuan).

Apakah ‘tahu itu? Apakah pengetahuan itu? Apakah subjek pengetahu itu? Apakah objek yang diketahui itu? Berapakah  macam pengetahuan? Apakah alat pengetahuan itu? Mungkinkah manusia memperoleh pengetahuan? Bagaimana membedakan antara pengetahuan yang benar dan tidak benar? Apa hubungan antara pengetahuan yang benar dan keyakinan?

Pertanyaan-pertanyaan  ini sangat perlu untuk dijawab. Epistemologi adalah bidang filsafat yang menjadi landasan bagi semua pengetahuan manusia. Keyakinan atau teori apapun yang penah ada dalam benak setiap manusia bersembur dari epistemologi. Epistemologi membahas definisi pengetahuan, macam-macam pengetahuan, alat-alat pengetahuan, batas-batas pengetahuan, dan proses terbentuknya sebuah pengetahuan. Karena itulah, ia sangat perlu untuk dipelajari, terutama bagi para pencari kebenaran.

Materi-materi Kajian:

  • Ada dan Tahu
  • Prinsip Hudhur
  • Prinsip Hushul
  • Prinsip Badahah
  • Hukum Kausalitas
  • Hukum Nonkontradiksi
  • Hirarki Pengetahuan
  • Keyakinan dan Keraguan (Dogmatisme dan Skeptisisime)
  • Realitas, Ide dan Relativitas Epistemik
  • Materi dan Abstrak
  • Pandangan Dunia

Advertisements

13 Responses to “KAJIAN SERIAL EPISTEMOLOGI DI ICC”

  1. Ya Allah pingin banget aku ikut kajian ini. kapan ya bisa ada di solo.

  2. salaamun ‘alaikum…
    aku juga pengen banget nih, tapi di makassar dong..

    aku butuh masukan dari siapa pun silabus mata kuliah FILSAFAT UMUM untuk mahasiswa AKPER dari semester 1 sampai 6..
    please yah, bantuannya!!
    syukran…

  3. Ustadz, boleh tahu kapan jadwal serian kajian ini? terimakasih

  4. keseharianku disibukan dg kerja kantor. untuk baca buku aja sedikit waktu, aku hanya bisa curi-curi baca pada jam kantor melalui internet, tentu milik kantor. bahagia buat teman yg masih punya banyak waktu untuk dpt mengikuti kegiatan ini, kadang aku hanya bisa nangis dan berdoa kapan waktu mudaku akan kembali.

  5. saya langsung sumringah melihat tulisan ini. ust labib, saya rindu komunitas epistemologi ala ust.

  6. Di atas ditulis “Selasa 2 Juni 2009, 17.00-18.30”. Tampaknya itu jadwal pertemuan pertama kajian epistemologinya.
    Jam 5 sore?! itu baru jam keluar kantor di tempat saya kerja; menuju ICC bisa makan waktu 30-45 menit.
    Saya usul: gimana kalau kajiannya dimulai jam 18.30, setelah selesai shalat maghrib? Dengan begitu, yang selesai kerja jam 5 sore tidak telat datang. Saya sangat berminat belajar epistemologi.
    Gimana dengan usul saya, Pak Muhsin? Terima kasih bila dikabulkan.
    Was-Salamu alaikum.

  7. GANDUNG Says:

    Alhamdulillah……

    Engkau beri diriku jalan keluar ya Allah.
    kajian ini saya tunggu-tunggu.

  8. Dear …

    Ikut, ikutttt …

  9. Salam ‘alaykum.
    Mohon maaf bila pesan saya berikut ini berulang dikirim.
    Saya usul agar waktu dimulainya kajian epistemologi di atas diubah dari yg semula 17.00 menjadi jam 18.30.
    Ini karena jam 17.00 baru jam selesai kerja kantor di tempat saya; perlu 30-an menit menuju ICC; dan bila dimulai jam 18.30, terasa lebih enak karena telah selesai shalat Maghrib. Saya sangat-sangat berminat ikut kajian di atas.
    Bagaimana, Pak Muhsin? Bisa dikabulkankah usul saya?
    Terima kasih sebelumnya. Salam ‘alaykum.

    ML: Kemungkinan, dimulainya 5.30 karena menunggu yg blm dtg

  10. Pada tulisan di atas, ada bagian yg diberi label “Brosur epistemologi copy2”, tetapi tidak terlihat isinya dari browser yg saya pakai (IE, Opera, maupun Google Chrome). Isinya apa ya bagian tsb? Brosur pendaftaran? Mohon info dari Ustadz Muhsin. Terima kasih. Salam ‘alaykum.

  11. Mohon setiap hasilnya diposting ke blog ini… ana orang yg berada diluar jkrt, perlu waktu 3 jam lebih naik pesawat ke jkrt, itu pun klo ada duet… ana sunggu pengen dapat pencerahan epistemik beginian.. Semoga anda berada dlm limpahan hikmah dr Allah…

  12. Mushadiq Ali Says:

    SETUJU AMA VENDRA22!!!

    kalo dah jalan hasilnya, makalahnya, ato apanyalah, diposting di sini ya, Ustadz!? saya yakin banyak sekali teman-teman -termasuk saya juga- yang butuh limpahan ilmu ini tapi terkendala banyak hal. semoga Ustadz selalu dalam limpahan rakhmat-Nya.

    salam.

  13. Salam.
    Pengalaman ana mengikuti kajian serial di ICC tahun 2003-2004 lalu, ada dibuat rekaman video pada setiap kuliah-kuliah yang diberikan di ICC. Termasuk yang disampaikan oleh Ust.
    Rindu sekali saya terhadap suasana kajian tersebut, secara audio-visual. Bagaimana cara mendapatkan nya Ust? Terimakasih
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: