BPOM Temukan Dendeng Babi Berlabel Sapi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menemukan empat merek dendeng daging babi yang dijual di pasaran dengan label dendeng daging sapi.

“Badan POM melakukan sampling lanjutan atas 34 produk olahan daging yang terdiri atas 14 dendeng sapi dan 20 abon sapi. Empat dendeng positif mengandung DNA babi,” kata Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib di Jakarta, Senin.

Keempat produk yang dia maksud yakni Dendeng Sapi Dua Daun Cabe Kwalitet Istimewa (200 gram), Dendeng Sapi Brenggolo Kwalitet Istimewa (200 gram), Dendeng Sapi Brenggolo Kwalitet Istimewa-Giling (200 gram) dan Dendeng/Abon Sapi Spesial Produk Dua Dinar Bandung (80 gram).

Merek produk olahan daging tersebut semuanya memiliki nomor pendaftaran dari dinas kesehatan dan mencantumkan logo halal tanpa sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam kemasan produk yang ditemukan dijual di pasar tradisional maupun pasar moderen tersebut tertulis, dendeng merek Dua Daun Cabe dan Brenggolo diproduksi di Malang sementara dendeng merek Dua Dinar di Bandung.

“Setelah kami telusuri, Dua Dinar ternyata dibuat UD Bahagia Bagyo di Sleman, Yogyakarta. Dendeng Brenggolo dibuat di Solo,” katanya serta menambahkan dendeng Dua Dinar ditemukan di pasar Kosambi, Carrefour dan Tip Top di Bandung.

Husniah mengatakan, untuk melindungi masyarakat dari mengonsumsi produk tanpa keterangan jelas yang bisa merugikan masyarakat muslim pihaknya sudah memerintahkan balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) di seluruh Indonesia untuk menarik dan memusnahkan produk olahan daging dengan merek tersebut.

Dia juga mengimbau masyarakat yang menemukan produk tersebut agar memberikan informasi kepada BPOM RI melalui Unit Layanan Pengaduan Konsumen melalui telepon ke nomor 021-426333/32199000 atau surat elektronik ke ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com.

Sebelumnya BPOM juga melakukan sampling terhadap produk olahan daging sapi dan menemukan beberapa di antaranya mengandung DNA babi.(*)

BPOM kemudian memerintahkan penarikan dan pemusnahan produk-produk yang umumnya merupakan produksi industri rumah tangga tersebut. (antara/01/06/09 13:14)

Advertisements

2 Responses to “BPOM Temukan Dendeng Babi Berlabel Sapi”

  1. Hurairah & Jerry Says:

    Bisa gak ya BPOM bekerja sama dengan KPK menemukan Anggota Dewan atau Pejabat yang hobi makan dendeng ‘babi’? Mungkin karena kebanyakan makan dendeng itu jadinya hawanya mau sabet sana sini.

  2. Dari dulu yang memproduksi produk palsu yang isinya babi tidak pernah ditangkap atau dihukum> kita patut curiga kalau BPOm bekerja sama dengan mereka atau merupakan kaki tangan mereka, lewat kekuatan jahat neo libs, untuk merusak ummat Islam Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: