Ahmadinejad Jamin Hak Banding Wartawati AS Yang Jadi Tersangka

roxana_saberi-and-khatami

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menyatakan bahwa jurnalis Amerika Serikat (AS) yang divonis delapan tahun penjara, Roxana Saberi, harus diberi pembelaan secara total saat dia mengajukan banding.

 

Maka, Ahmadinejad Minggu 19 April memberi instruksi tertulis kepada kepala kejaksaan di Teheran untuk memastikan bahwa “terpidana harus diberikan hak-hak untuk membela diri” atas dakwaan yang mereka terima.

 

Permintaan tertulis itu dilayangkan kepada jaksa di Teheran, Minggu 19 April 2009, satu hari setelah Saberi dinyatakan bersalah karena dituduh melakukan tindakan mata-mata di Iran untuk AS. Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, tidak biasanya Ahmadinejad melakukan intervensi semacam ini.

 

Pesan itu tampaknya merupakan pertanda bahwa pemimpin Iran tidak ingin kasus Saberi menjadi penghalang bagi upaya dialog dengan pemerintah baru AS di bawah kepemimpinan presiden Barack Obama setelah kedua negara putus hubungan selama 30 tahun.

 

Ahmadinejad mengatakan bahwa hak Saberi dan juga seorang blogger Iran-Kanada, Hossein Derakhshan- yang sudah dipenjara sejak November lalu, tidak boleh dilanggar. “Tolong ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa proses pemeriksaan terkait dakwaan terhadap individu yang telah disebutkan di awal, dilakukan dengan hati-hati, adil, dengan pengawasan terahadap keadilan dan peraturan,” tulis sang presiden kepada para jaksa.

 

“Tolong secara pribadi mengobservasi proses tersebut untuk memastikan bahwa terdakwa memiliki hak hukum dan kebebasan dalam membela diri mereka dan bahwa hak-hak mereka tidak dilanggar bahkan oleh hal sekecil apapun,” lanjut Ahmadinejad. (AP/VIVAnews)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: