Faktor Tokoh Serta Uang Hempaskan Golkar & PAN

Partai Golkar dan PAN termasuk beberapa partai yang mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena faktor uang dan ketokohan yang tidak dimiliki partai tersebut.

“Peranan tokoh sangat penting, di partai itu tidak ada tokoh yang memiliki peran atau bobot yang mendukung,” kata Eksekutif Direktur Cirus Surveyor Grup, Adrinof Chaniago di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (9/4/2009) malam.

Menurut dia yang kedua soal duit, kalau terampil membuat iklan maka itu akan sangat berpengaruh.

“Juga banyak persoalan seperti isu kampanye, dan kemerosotan partai-partai ini juga karena ketinggalan cara kampanye dibanding pengetahuan masyarakat yang lebih maju. Partai tidak sadar akan itu,” terangnya.

Selain itu pula, PKS, lanjut Adrinof menjadi satu-satunya partai yang berhasil mempertahankan kursinya dibandingkan partai lain yang duduk di parlemen.

“Yang lain merosot, PKS sadar bahwa pendekatan yang sempit dengan menjual nasionalis, agamis dan populis tidak bisa diterima lagi. Dia mengubah identitas, bahkan terakhir kamnpanyenya joget-joget, buka baju dan pesertanya menggunakan ikat kepala. Padahal PKS tidak ada figur, kalau ada figur lebih tinggi suaranya,” terangnya.(detik)

Advertisements

3 Responses to “Faktor Tokoh Serta Uang Hempaskan Golkar & PAN”

  1. efek BLT dan Dana tunai langsung ke masyarakat berhasil mendongkrak suara PD, apalgi diberikan pada saat yg tepat. keberhasilan pemerintah 99% dianggap sebagai keberhasilan SBY padahal banyak hal yg justru dilakukan JK..itulah profile pemilih indonesia.

    suara golkar juga tersedot gerindra dan Hanura bertahan di 20 % kursi itu sangat bagus.

    masyarakat melihat gradien positif sekecil apapun dipreasiasi besar dengan kata lanjutkan, krn masyarakat pada hakekatnya menyenangi incumbent kalo tdk parah2 amat.

  2. Golkar digembosi. Beberapa tokoh golkar, memilih keluar dari golkar.

  3. tuk saudaraku bob bahasanya kurang merakyat,sayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: