Menteri India Ditahan Terlibat Kerusuhan Anti-Muslim

Seorang menteri kabinet di negara bagian Gujarat, India barat, menyerah kepada polisi, Jumat atas tuduhan-tuduhan ia menghasut massa dalam kerusuhan anti-Muslim tahun 2002 yang menewaskan paling tidak 2.000 orang.

Menteri Urusan Wanita dan Kesejahteraan Anak, Maya Kodnani adalah pejabat tertinggi Gujarat yang ditahan sehubungan kerusuhan itu.

Wanita itu dituduh memimpin satu massa yang membunuh lebih dari 100 orang dalam beberapa kerusuhan agama paling buruk sejak India merdeka tahun 1947, tetapi ia membantah semua tuduhan itu.

Penahanan itu adalah satu keadaan yang sangat memalukan bagi Partai Janata Bharatiya (BJP) dari Menteri Besar Gujarat Narendra Modi yang ikut mencalonkan diri dalam pemilihan nasional, dimana BJP bertarung sebagai partai oposisi utama.

Kodnani menyerahkan diri kepada satu tim penyelidik di kota Ahmedabad, dimana sebuah pengadilan sebelumnya membatalkan uang jaminan yang menyebabkan dia bisa keluar dari penjara sampai sekarang.

Paling tidak 2.000 warga Muslim ditikam, dipukul, ditembak atau dibakar sampai mati dalam kerusuhan tahun 2002, yang meletus setelah 59 peziarah Hindu tewas akibat kebakaran di sebuah kereta api yang pada awalnya dituduh dilakukan kelompok Muslim, tetapi menurut hasil penyelidikan kemudian menyimpulkan kebakaran itu tidak disengaja.

Pada Maret 2008 Mahkamah Agung memerintahkan satu pengusutan baru, setelah ada tuduhan-tuduhan bahwa pemerintah Gujarat terlibat.

Aktivis hak asasi manusia Teesta Setalvat mengatakan ia menyambut baik berita itu, dan mengatakan kepada jaringan televisi CNN-IBN bahwa “akhirnya pemerintah Gujarat tunduk pada konstitusi India dan hukum India.”

(antara)

Advertisements

2 Responses to “Menteri India Ditahan Terlibat Kerusuhan Anti-Muslim”

  1. Jangan Pilih Saya!, Amanatkan kepada saya
    sangat kreatif dan mengena…

    tapi kenapa titel DR-nya ditulis Dr? (dengan r kecil)

    Salam Ustad

  2. antum terpilih atau tdk tetap besar manfaatnya sama buat ana. blognya gimana kalo ditambah dg kajian ilmiah lain tad?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: