Nah lo… PKS vs. Tari Jaipong

Komunitas Peduli Jaipongan Jawa Barat (KPJJB) menyesalkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring yang menyatakan Tari Jaipong berasal dari tempat negatif serta tarian erotis.

Demikian disampaikan Koordinator Komunitas Peduli Jaipongan Jawa Barat, Gondo, kepada para wartawan di sela-sela acara pemilihan Putri Jaipongan, di salah satu pusat perbelanjaan, Sabtu.

“Sebagai seorang pimpinan salah satu partai Politik, seharusnya Tifatul Sembiring tidak mengeluarkan pernyataan bahwa tari Jaipongan identik dengan tempat negatif dan erotis,” katanya.

Pihaknya meminta Tifatul Sembiring mengklarifikasi ucapan tersebut serta meminta maaf kepada para seniman Jaipongan.

Aksi menuntut klarifikasi dan permintaan maaf dilakukan sekitar 20 penari Jaipongan cilik dan seniman, di atas panggung saat pemilihan “Putri Jaipongan”.

Sementara itu, pupuhu Komunitas Peduli Jaipongan Jawa Barat, Mas Nanu Muda, menyatakan, tarian Jaipongan bukanlah kesenian yang negatif serta menyuguhkan gerakan erotis.

“Saya tegaskan, bahwa seniman Jaipongan bukan generasi yang mengembangkan seni yang miring seperti kata Sembiring,” kata Mas Nanu Muda.(antara)

Advertisements

15 Responses to “Nah lo… PKS vs. Tari Jaipong”

  1. Abadal aabidiin Says:

    Seingat saya ketika saya duduk di kelas 6 sekolah dasar tari jaipong itu tarian yg berasal dari propinsi jawa barat nah itu berarti merupakan seni and budaya dari bangsa ini dan lagi jaipong sudah exist sebelum PKS ADA DI INDONESIA nah lho kok baru sekarang ada komentar seperti itu (?????) lagi lagi de politisasi? Pak semriwing klo mau ngasih pernyataan politis yg up to date dong kok ngurusin jaipong yg jelas2 adlah kebudayaan apa anda buta night club di jakarta bnyk yg menjual pertunjukan striptise..pemimpin seperti ini yg kita punya?fanthadirrus saah

  2. akhmad mukhlis. SE., M.Si Says:

    harus dibedakan mana wilayah agama dan mana wilayah seni, bagi saya jaipongan merupkan bagian seni dan budaya bangsa Indonesia khususnya Jawa Barat, karena itu tidak perlu dipersoalkan bahwa tari itu cenderung erotis, karena erotis dan tidak erotisnya sebuah tarian tergantung pola pikir seseorang apakah mau dicermati negatif atau positif, karena itu jangan gegabah mengomentari sebuah nilai seni dan budaya, yang terpenting jernihkanlah alam pikiran kita dari pengaruh-pengaruh negatif, sehingga nilai seni dan budaya tetap lestari menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  3. mungkin jaipongan asli nya ngga erotis, tapi lama2 dimodif goyangannya jadi lebih mengundang, yang joget juga makin genit dan penontonnya pake nyawer… nah klo jaipongan nya kaya gini ya…. gimannaaaa getuuuhhh

  4. semoga cepet terselesaikan yah masalahnya…

  5. udah di baca tuh posting empat : seni tari jaipongan.

    Kalo jaipongan merupakan seni evolusi dan inovasi karya gugum gumbira di bidang seni, nah, apakah Seorang Tifakul Sembiring bisa juga ber-inovasi juga di bidang seni sunda yang berbau islami.

    atau sembiring cuman bisa mengkritik seperti kebanyakan pengkritik lainnya tanpa memberikan karya baru. Karena syarat mengkritik harus tahu apa yang dikritiknya dan punya solusinya. Sebagai orang sunda kita juga bisa kalo hanya sekedar mengkritik saja.

    dan inilah kritikan saya :

    “Bagi saya PKS itu tak lebih dari jiplakan pemikiran ikhwanul muslimin yang hanya cocok untuk orang mesir pengecut dan wahabi munafik, yang selalu memanfaatkan momen penderitaan rakyat palestina sebagai kampaye politik. Iklan PKS tentang Palestina merupakan sikap Riya, sungguh sangat menjijikan dari penari striptease paling erotis pun.”

    Terima Kasih, Wassalam,

  6. MOSLEM GOTHE Says:

    tergantung kita memandangnya Jaipongan, apakah memandang dengan syahwat atau dengan penjagaan hati……..PKS jangan lupa, berhasil mendapat kursi Gubernur karena Rakyat Jawa Barat Loh

  7. Jaipong pada awalnya memang tarian seni adat budaya sundawi yang mana gaya tariannya memang lenggak-lenggok penuh seni dan makna, tapi mengikuti perkembangan zaman ‘gara-gara’ trend goyang ngebor dan erotis para penyanyi dangdut sekarang di beberapa daerah, tarian Jaipong sudah ‘tercemar’ oleh perilaku ‘penari-penari’ (bukan seniman jaipong) yang berkamufalse menjadi seniman jaipongan dengan gaya tarian yang erotis banhkan berlenggak-lenggok merangsang birahi penontonnya. Ini yang seharusnya PKS lebih teliti dan lebih ‘melek’ membedakan mana Jaipongan yang benar-benar seni dan Jaipongan yang erotis. Silahkan berkunjung ke Saung Bambu dan Saung Angklung di Bandung, anda akan menemukan tarian Jaipongan yang masih asli. Yang harus di larang adalah ‘penari-penari’ yang berdalih ‘demi mencari makan’ merusak khasanah dan seni budaya Indonesia khususnya Jaipongan. Jadi sekali lagi PKS ‘MELEK’ jangan asal tuding, buatlah seniman Jaipongan itu menjadi PJS (Penari Jaipongan Sejahtera)

  8. @papadina,
    ngabaca ti ngaran “sembiring”, jigana jelas pisan kalo eta jalema lain urang sunda.
    Translate : Melihat dari nama “sembiring”, keliatannya jelas kalau dia bukan orang sunda.

  9. Terus maju ya PKS, jangan sampai hanya karena takut kehilangan simpati sebagian manusia (calon pemilih) maka yang haram jadi halaamm…, Kalau memang tari jaipong itu benar-benar seperti yang dikatakan pk tifatul, maka lebih baik DILARANG SAJA. Saya juga pernah lihat tarian itu sekilas. Gila memang, erotis banget. Bahkan yang ekstrem sang penari (cewek) melemparkan selendang ke penonton (cowok) untuk diajak menari bersama sambil pegangan, raba, ___menurut cerita orang—–dulu pada akhir tarian sang cowok yang dilemparkan selendang harus mau tidur dengan penari.

  10. Abadalaabidiin Says:

    edho:jaipong itu kesenian bukan produk pornografi dasar hukum apa yg bisa dipakai untuk melarang suatu bentuk kesenian yg sdh ada sejak ratusan tahun yg lalu mari perkaya wawasan kita bhwa bangsa ini memiliki keragaman seni dan budaya.penyimpangan2 kesenian itu pasti ada dan terjadi, dalam Agama saja terjadi penyimpangan kok yg notabene ajaran Tuhan.mari kta lawan penyimpangan2 itu tidak lantas serta merta kita menjadi ‘nabi’ kesiangan yg pny kewenangan melarang ini dan itu. Islam Bukan PKS saja bung…

  11. Bukankah Nabi diutus untuk memperbaiki akhlak manusia ? Klo memang ada budaya yang pada akhirnya merusak tatanan sosial dan akhlak manusia (baca: pornoaksi dan pornografi) tidak ada salahnya kita kritisi. Soal halal-haramnya mari tanyakan pada marja masing2.

  12. seni jaipong pada tahun 90an di daerah kami (selatan jakarta) sudah mati suri, lambat laun ditinggalkan masyarakat, saya pernah lihat tarian jaipong agak risih, menari dengan pakaian ketat dan tranparan meliuk2kan tubuhnya dari kepala sampai “……” , didepan suami dr istri orang, ayah dr anak orang, minta disawer dan sawerannya diselipkan di dadanya..SErem bangetkan. alhandulillah…untung aja tarian kayak gitu nggak ada yang naggab lagi….udah nggak laku!nah tantangan nih buat seniman Indonesia,buat nge-nyiptain seniman yang lebih santun dan beradab dikit…dan keINDONESIAan.. salam dari ISDUA(Ikatan Seniman Dunia Untuk Akhirat)

  13. HARUSNYA AGAMA YANG DIMASUKAN KEDALAM BUDAYA BUKAN BUDAYA YANG DIMASUKAN KEDALAM AGAMA….

    LAGIAN TARI JAIPONG ADALAH BUDAYA PENINGGALAN AGAMA HINDU…EMANG ORANG SUNDA BERAGAMA HINDU ACH ????

    UTK PKS : IBARATNYA SEMUA PARTAI DI INDONESIA INI KOTOR DAN PKS YANG KOTORNYA PALING SEDIKIT.

    UTK PAPADINA : KATA SIAPA IKHWANUL MUSLIMIN MENGAMBIL KESEMPATAN PENDERITAAN PALESTINA ?. IKHWANUL MUSLIMIN TELAH MENGIRIMKAN RIBUAN ANGGOTANYA KE PALESTINA UTK MENJADI RELAWAN JIHAD KETIKA PERANG TAHUN 66. DAN HAMAS ADALAH ANAK DARI IKHWANUL MUSLIMIN PALESTINA.

  14. Jadol Suradol Says:

    Kalau orang mendapatkan kekuasaan dan Syahwat berkuasanya yang mengendalikan akal sehatnya maka benar dan salah, halal dan haram tergantung maunya sendiri. PKS sebagai Partai yang lahir dari gerakan bawah tanah Tarbiyah Ikhwanul Muslimin (IM) Indonesia cq Njiplak Ideologi IM Mesir adalah berhaluan wahabi (skripturalis) Akan kita lihat ke depan Partai ini akan mengurus remeh-temeh kehidupan dibanding mengurusi rakyat banyak ini. Temen saya bilang, Kopi juga akan bisa diharamkan jika dia mau sebagaimana awal gerakan Wahabi lahir.

    • saya simpatisan pks dan saya juga sangat menyukai jaipongan saat saya kecil dulu: jaipongan yang memang asli dari koreografernya: p gugum gumbira, yang tidak mengeksploitasi sekedar 3G yang banyak dikembangkan oleh orang2 terkemudian lengkap dengan sawerannya.. kalo ini memang serem menurutku.. yang tepat adalah PERTEMUAN GUBERNUR DENGAN SENIMAN DAN FOUNDING-nya agar lebih lurus permasalahannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: