Deddy Gembul, Manusia “La Syarikalah”

Postur tubuhnya jumbo, bahkan semua bagian-bagiannya. Otomatis porsi daharnya juga welehweleh. Tapi orangnya sangat mobile. Namanya Deddy Prihambudi. Soal konten-konten perut, dia bisa dibilang “la syarikalah” (tiada duanya). Teman-temannya memanggilnya “Gembul”. Mungkin karena XXXL ukurannya.

Putra Tulungagung ini layak untuk masuk dalam blog ini dalam kategori “sosok” karena semua aktivitas, pemikiran dan kiprahnya difokuskan pada advokasi dan penegakan hukum dan HAM. Karena itulah, ia memilih fakultas hukum di Universitas Brawijaya. Di luar pekuliahan, penggemar klenik dan pecinta “poro habib” ini memimpin HMI cabang Malang. Di tangannya HMI malang diisukan kemasukan Khomeinisme dan Komunisme sekaligus. Maklum dia pelahap karya-karya Marx dan para juragan Marxisme dan Mazhab Frankfurt. Ia juga tidak malu-malu mengaku sebagai perintis Khomeinisasi di sepanjang jalan Dinoyo, Kaliurangnya Malang. Dia pun sering mengikuti pengajian di Yayasan Alkautsar, tempat saya ngobrol ngalur ngidul soal segala hal, mulai dari filsafat sampai film.

Setelah lulus dari Unibraw, lekaki yang logat jawinya muedoque banget ini pindah ke Surabaya, dan tidak lama kemudian menjadi Ketua Badko HMI se-jatim. Karena konsisten dengan perjuangan HAM, adik kelas almarhum Munir, ini didaulat sebagai Ketua YLBHI Surabaya, yang aktivitasnya meliputi Jawa Timur.

Kiprahnya dalam bidang pembelaan hak-hak buruh, petani dan nelayan, juga kaum minoritas makin meningkat karena ia sering membawa badannya yang buesar itu ke Blitar, Bojonegoro, dan kota-kota di Jatim yang memerlukan advokasinya.

Beruntung dia. Karena meski gajinya tidak sebesar tubuhnya, dia sempat melakukan studi banding dan hadir dalam seminar di luar negeri, ke India, Jenewa dan terakhir dapat kesempatan ke Setan Besar. Aneh memang, meski dikenal sebagai Koordinator Umum KUMAIL (Komite Umat Islam Anti Amerika dan Israel), dia cukup disegani oleh perwakilan-perwakilan asing di Surabaya, termasuk konjen AS.

Walhasil, Deddy, adalah sebuah legenda di kalangan HMI Malang karena memiliki dua style, sosialis ala Che dan Abu Zar.

Kini dia menawarkan diri sebagai Ketua Tim Sukses pengelola blog ini untuk maju dalam pemilihan legislatif di Dapil 4 Jatim untuk Partai Amanat Nasional. Asal gratis, ya ga pa pa…

Advertisements

9 Responses to “Deddy Gembul, Manusia “La Syarikalah””

  1. tinggal 2 bulan lagi ustad….
    apa yg harus di mobilisasi nih…hehehe
    maju terus…ustad semoga dalam limpahan Allah swt dan rasul saaw serta para a’immah

  2. Ustadz, bolehkah saya meminta no hp beliau?

  3. Qalb al-Hussain Says:

    Kayaknya ybs udah jauh turun deh bobotnya, hehehe

  4. MOSLEM GOTHE Says:

    Mas Dedi…….Sampai nyari jaket ke pasar loak SENEN waktu mau ke jenewa……Gmana n ih udah jarang ngumpul di Hotel Mega Cikini…Ngalor Ngidulan…..

    Hebat mas dedi jadi tim sukses nih…..Caleg dengan Motto “JANGAN PILIH SAYA……. AMANAHKAN KEPADAM SAYA “

  5. Bravo Deddy … kapan ngobrol2 lagi

  6. Ketua Tim Sukses ber-Bodi Jumbo buat Caleg ber-Nyali Jumbo, klop deh!

  7. abadalaabidiin Says:

    yup ini dia sosok yg gak sok…….yg ngebaca pun ada semacam gairah tuk meniru. salam dari masyarakat lillahi ta’ala.

  8. Sip deh….energik, inspiratif, full gagasan, full spirit, ful body press, afresif dan seabrek kelebihan yang Tuhan anugerahkan kepada nya. Moga sukses
    Dan beruntunglah ustaz karena si advisor ini mau mendampingi antum.
    Terima kasih mas dedy yang senior

  9. Pak Labib maunya yang gratisan terussss … Atau ya cukup dipromosikan saja YBS di blog beliau ini …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: