Si Sableng Pimpin Afrika

kadafi2

Si sableng dan nyentrik, Pemimpin Libya, Muammar Gadhafi, terpilih menjadi pemimpin Uni Afrika, Senin 2 Februari 2009, dalam pertemuan negara-negara Afrika di Addis Ababa, Ethiopia.

Posisi tersebut sudah lama dinantikan oleh pemimpin eksentrik ini demi mengangkat Libya di mata internasional setelah mengalami isolasi selama bertahun-tahun.

Gadhafi menghadiri sesi pertemuan dengan busana hijau bersulam emas dan dikelilingi oleh tujuh orang berpakaian tidak biasa yang menyebut diri mereka “raja tradisional Afrika”.

Pemimpin berusia 67 tahun itu berkata kepada sekitar dua puluh pemimpin negara Afrika bahwa dia akan menyatukan semua negara di benua Afrika. “Saya kira waktu untuk bekerja serius telah tiba, saat untuk bertindak dan bukan hanya berbicara,” kata Gadhafi.

Beberapa pemimpin Afrika memberikan pujian hangat atas terpilihnya Gadhafi, yang merebut kekuasaan lewat kudeta 1969. Kelompok sayap kanan menyebut Gadhafi sebagai contoh buruk bagi Afrika saat demokrasi kembali ke negara-negara seperti Mauritania dan Guinea.

Gadhafi pernah diasingkan oleh negara-negara Barat karena dianggap mendukung terorisme. Dia berupaya meningkatkan citra negara kaya minyak Libya dan pengaruhnya di kawasan regional.

Libya menjadi mediator negara di Afrika yang terlibat konflik, mendukung upaya untuk menyebarkan Islam di Afrika, dan mendesak pembentukan pemerintahan mandiri Afrika.

Posisi pemimpin Uni Afrika adalah posisi bergilir yang dipegang oleh pemimpin negara di Afrika per satu tahun. Jabatan pemimpin Uni Afrika memungkinkan pemegang jabatan membawa pengaruh bagi Afrika, namun bukan kekuasaan nyata.

Libya belum pernah memegang posisi pemimpin Uni Afrika dalam 46 tahun Uni Afrika dan organisasi pendahulunya, Organisasi Persatuan Afrika. (AP/viva)

Advertisements

2 Responses to “Si Sableng Pimpin Afrika”

  1. If you want know more about Brother Leader (Colonel Muammar Al Gadhafi) and what kind of his politics today, please open muammargadhafi.wordpress.com or Muammargadhafi’s Blog. You can read my article (12 pages) in Indonesian language. The next time another articles will be written in English and Indonesian, Insya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: