PM Turki Erdogan Walk Out Setelah Tengkar dengan Shimon Peres

erdugan-ribut-dg-peres

Turki masih memperlakukan binatang sebagai lawan dialog! Inilah akibatnya.

Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan beranjak meninggalkan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Kamis (29/1), setelah menyebut Presiden Israel Shimon Peres sebagai “pembunuh.” Sebutan itu dikumandangkan oleh Tayyip Erdogan sebagai bentuk keprihatinan terhadap sikap Shimon Peres yang mendukung operasi militer Israel di Gaza.

Peserta debat yang bertopik Gaza, seperti penasihat Presiden Barack Obama, Valerie Jarret, tersontak melihat Erdogan dan Shimon Peres terlibat debat sengit dengan nada tinggi dan penuh emosi. Dalam debat yang memanas itu, Peres tetap membela posisi Israel dalam serangan militer selama 23 hari terhadap militan Hamas.

Peres menerangkan, operasi militer Israel diberlakukan sebagai respons atas serangan roket Hamas selama 8 tahun yang diarahkan ke wilayah teritorial Israel. Saat menyampaikan pandangannya itu, Peres kerap kali melepas pandangannya ke Erdogan yang mengkritik pemblokadean Israel atas wilayah Gaza.

Erdogan menyebut pemblokadean itu sebagai penjara “terbuka” yang terisolasi dari belahan dunia lain. Erdogan menyampaikan keprihatinannya terhadap operasi militer Israel yang menewaskan sekitar 1.300 warga Palestina, lebih dari separuh di antaranya adalah warga sipil.

“Kenapa Hamas menembakkan roket? Tak ada pemblokadean terhadap Hamas sebelumnya,” kata Peres dengan nada suara penuh emosional. “Kenapa mereka (Hamas) memerangi kami, apa yang mereka inginkan? Tak pernah ada kelaparan sebelumnya di Gaza.”

Debat ini melibatkan Israel dan Turki sebagai pusat perhatian mengingat peran penting Turki sebagai moderator perdamaian Israel dengan Suriah. Erdogan menyampaikan kekecewaannya dengan mengenang upayanya mengadakan pendekatan perdamaian dengan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert sebelum Israel melancarkan operasi militer di Gaza.

“Saya sedih mengetahui peserta forum bertepuk tangan terhadap ucapanmu (Peres),” kata Erdogan. “Kamu pembunuh. Dan saya berpendapat tindakan itu sangat keliru.” Emosi Erdogan memuncak saat seorang moderator panel memotong pernyataannya untuk menanggapi pembelaan Peres terhadap operasi militer Israel melawan Hamas.

Luapan kemarahan ini berlangsung menyusul diadakan debat selama 1 jam di forum yang dihadiri oleh sejumlah pemimpin dunia di Davos. Erdogan berupaya memojokkan Peres lewat sanggahannya saat debat akan berakhir dengan meminta moderator yang adalah kolumnis Washington Post, David Ignatius, memperkenankan menambah waktu baginya untuk berbicara.

“Saya masih ingat dengan anak-anak yang tewas di pantai-pantai,” tegas Erdogan. Saat Erdogan diperintahkan menghentikan komentarnya, Erdogan dengan sikap gusar meninggalkan forum yang dihadiri panelis Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Sekretaris Liga Arab Amr Moussa.

“Anda mengetahui betul pembantaian terhadap warga Palestina,” ujar Erdogan secara lantang kepada Peres. “Saya masih ingat 2 mantan perdana menteri di negaramu yang pernah mengaku senang saat tank-tank Israel berhasil menjejakkan kehadiran di tanah Palestina,” tambahnya.

Saat moderator berupaya memotong pernyataan Erdogan dengan menjelaskan waktunya telah memasuki jam makan malam, Erdogan menyelanya dengan mengatakan: “Jangan interupsi saya. Kamu tidak mengizinkan saya untuk berbicara. Saya tidak akan ke Davos lagi,” tegasnya.

Erdogan menekankan alasannya meninggalkan forum di Davos bukan karena perselisihannya dengan Peres. Erdogan menjelaskan tidak diberikan cukup waktu untuk menanggapi pernyataan Shimon Peres. Erdogan mengeluh karena Peres diberikan waktu 25 menit untuk menyampaikan komentar, sementara dirinya hanya diberi waktu 12 menit.(kompas)

Advertisements

13 Responses to “PM Turki Erdogan Walk Out Setelah Tengkar dengan Shimon Peres”

  1. Inilah luka pahit akibat DIALOG versus DOG !
    Mudah2an bisa jadi shock therapy untuk membuka simpul kesadaran bangsa2 yang tertidur pulas panjang

  2. Barusan saya lihat rekaman debatnya di tv one, hebat ! berani ! mudah2an negara Jalaluddin Rumi ini juga akan menjadi sekutu Iran dalam merombak tatanan dunia kapitalisme.

  3. Sulit utk mencapai dialog yg sehat jika PBB masih dikuasai setan2 besar…
    AS tetap arogan sbg polisi dunia yg dlm kenyataannya berpihak pada Israel…
    Israel selalu mendapat angin segar utk menancapkan kukunya di negara2
    yg masih dikuasai pemerintahan korup…
    Tapi saya tetap YAKIN tidak lama lagi setan2 besar (AS + Israel) akan
    hancur lebur dan PBB dikembalikan kpd posisinya yg adil dan
    proporsional!!!

  4. ema rachman Says:

    Subhanallah…akhirnya Turki bangun…dan membuat gertakan pada para pengecut itu….semoga Allah merahmati Erdogan dan bangsanya…

  5. hamba allah Says:

    allahu akbar,akhrnya kebangkitan kekhalifahan turki usmani akan datang,tunggulah kehancuranmu wahai zionis

  6. makanya……usir aja kedubes israel dari turki….!!!!

  7. Masya Allah ..ini semoga jadi saatnya kita bisa melihat mana mufaik mana orang beriman…banyak orang saya liat dalam demo tulisan dan sebagainya suka menyamakan zionist israel dengan Anjing,babi,atau Monyet..Pertama Anjing..banyak bgt bermanfaat buat manusia selain bisa jaga rumah dan kesetiaannya sungguh luar biasa terhadap majikan,babi? untuk sebagian org bisa di ternah dan dimanfaatkan baik daging maupun kulitnya untunk nyambung hidup,monyet? bisa di latih sirkus bisa di ajak main film bahkan bisa di ajak iklan XL ..jadi kalau menyamakan israel dgn mereka? apa pantes? sebab israel jelas2 lebih banyak muhdorotnya buat orang lain? walaupun israel nguasain begitu banyak perekonomian dunia sebab yg pasti untuk kemashlahatan bangsamereka sendiri,dan juga membuat bangsa2 lain punya ketergantungan sama mereka “saya juga di antaranya nh yg bergantung ma beberapa produk mereka 😦 ” ada pendapat lagi lebih kejam dari binatang? binatang apa sih yg kejam? binatang semua membunuh karena kebutuhan perut2 mereka dan tidak pernah lebih dari itu…coba anda kirim 1 ton daging segar domba ke seekor singa..tidak mungkin dihabisi semua atau sisanya di simppen sama si singa di lemari es nya buat besok? pasti dia tinggal begitu saya walaupun hewan2 lain menyantapnya…saya rasa zionist ini lebih pantas di samakan dengan pencetus pertama sistem Demokrasi di alam ini yaitu Iblis laknatullah…karena mendapat konsekwensi dari ketidak patuhannya terhadap ALLAH dia minta izin untuk menggoda dan merusak jiwa raga umat manusia dengan caranya yg membisiki hati2 manusia kejalan yg salah….nah kalau zionist dengan caranya mencaplok,menembaki,membom,meracuni jiwa dan hati bangsa2 lain ..jadi beda2 tipis lah sama Iblis….kalau sama binatang2? beda jauuuuuhh masih lebih baik binatang kemana mana….. maaf ye ustad ane kepanjangan abis udeh nyesek dada nyimpen kata2 nih …salam buat antum selalu

  8. rakyatbanten Says:

    Khilafah akan kembali berjaya…..allahuakbar…….allahuakbar…allahuakbar

  9. Terimakasih informasinya.
    Sudah saatnya Umat Manusia melawan Komunitas Iblis Internasional (Yahudi Israel, Amerika Serikat, Inggris, dan sekutu-sekutunya). Hal inilah yang diingatkan Allah SWT dalam QS.2:120 dan QS.114. Lihatlah fenomena Afghanistan, Iraq, dan Palestina.
    Untuk berbagi informasi silahkan berkunjung ke “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com

  10. Mestinya acara dialog dan debat seperti itu harus banyak diprogramkan dan ditayangkan oleh stasiun TV terutama negara-negara Arab dan Timur Tengah. Topiknya seputar hal yang sama, antara Israel dan negara-negara yang kontra Israel. Agar dunia makin tahu, garis yang jelas, mana kebenaran dan kebatilan. Saya usul untuk terus memperjuangkan Bush dan pemimpin Israel ditarik ke Mahkamah Internasional sebagai penjahat perang. Bagaimanapun caranya.

  11. Allahuakbar, maju terus pantang mundur, semoga Erdogan menjadi khalifah deidunia Arab

  12. Allahuakbar, maju terus pantang mundur, semoga Erdogan menjadi khalifah didunia Arab, saya berharap Erdogan mengusir Zionist dari Palestina.

  13. perez dasar anjing loh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: