Pakai Nama “Ayatollah”, Iran Kecam Film “The Wrestler”

wrestler

Iran mengecam para sineas dan pembuat film The Wrestler karena dianggap telah melakukan tiga pelecehan; pertama melecehkan nama Allah, yang diyakini sebagai sebutan termulia untuk Zat Sang Pencipta; Kedua melecehkan status keagamaan ulama tertinggi di Iran karena memberi nama Ayatollah untuk aktor antagonis; Ketiga menyebarkan kebencian terhadap bangsa lain.

Ringkasan singkat film yang diperankan oleh Mickey Rouke itu sebagai berikut:

Randy “The Ram” Robinson (Mickey Rourke) harus merelakan karirnya sebagai pegulat profesional berakhir karena gejala sakit jantung yang dideritanya. Namun Randy sebenarnya tak pernah bisa benar-benar melupakan dunia yang selama ini digelutinya itu.

Dokter yang merawat Randy menyarankan agar ia berhenti dari dunia gulat atau ia akan menanggung resiko terbesar: kematian. Randy yang kemudian dekat dengan Pam (Marisa Tomei), seorang mantan penari telanjang, kemudian memutuskan untuk mencari pekerjaan lain. Di saat yang sama Randy juga ingin memperbaiki hubungannya dengan putrinya Stephanie (Evan Rachel Wood).

miller_ernest_aug00

Sayangnya rencana itu tak berjalan seperti yang diperkirakan Randy. Tawaran untuk kembali ke dunia gulat profesional dan kesempatan untuk bertanding lagi dengan musuh bebuyutannya Ayatollah (Ernest Miller) terlalu menggoda meski resikonya ia harus kehilangan nyawa.

Film hasil arahan sutradara Darren Aronofsky ini akan diedarkan Fox Searchlight sekitar awal tahun 2009 nanti. Film ini pertama kali dipertontonkan dalam acara Venice Film Festival dan sempat meraih anugerah Golden Lion Award sebagai film terbaik.

Sejumlah koran dan situs-situs di Iran mengatakan bahwa film Darren Aronofsky merupakan manifestasi kebencian Barat terhadap dunia Islam.

Advertisements

4 Responses to “Pakai Nama “Ayatollah”, Iran Kecam Film “The Wrestler””

  1. Gak ada rating buat film kyak gini.. Udah pasti disengaja penggunaan nama itu.. Bule kok namanya Ayatollah 😯

  2. nulisnye wan habib di sini mulu jammindo di tulisin juga donk 🙂

  3. wah…nyolot bgt!
    g trima2…g trimaaaa!!!

  4. sebagai bentuk protes kita ga usah tonton yuk!
    biar mereka jadi rugi sendiri!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: