Tidak Putuskan Hubungan Diplomatik, Turki Malah Tuntut Israel Diusir dari PBB

Turki terlihat aktif mengupayakan langkah-langkah diplomatik untuk menengahi pihak Palestina dan Israel. Tidak ada yang meragukan ambisi dan tendensi Turki.

Tidak memenuhi desakan keras warganya agar memutuskan hubungan dengan Israel, Turki malah berangan-angan mendamaikan Israel dan Palestina. Tendensinya adalah menambah daftar prestasinya di mata UE agar bisa diterima sebagai anggotanya.

Tendensi lain adalah keinginannya untuk menjadi pesaing Iran di kawasan karena Iran sudah diberi stigma negatif sebagai pendukung faksi-faksi perlawanan Palestina.

Namun, sampai sekarang usaha-usaha mediasi Erdogan, Perdana Menteri, belum membuahkan hasil. Salah satu alasannya adalah Turki tetap menganggap Mesir dengan Hosni Mobarak sebagai pihak yang penting dalam mediasi, padahal negara Firaun itu tidak lagi dipercaya oleh faksi-faksi perlawanan di Gaza.

Seiring bergulirnya daur waktu, Turki yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel mulai merasa tidak dihargai oleh para petinggi zionis. Serangan-serangan atas Gaza makin ganas termasuk gedung-gedung PBB dan sarana sosial dan pendidikan seraya menjadikan Hamas sebagai kambing hitam.

Belakangan Urdugan mengusulkan agar keanggotaan Israel dicabut dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) karena mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan diberlakukannya gencatan senjata di Gaza.

“Bagaimana mungkin sebuah negara yang tidak melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB diperkenankan untuk menginjakkan kaki di markas PBB?” kritik Erdogan sebelum Sekjen PBB Ban Ki-moon tiba di Ankara untuk membahas konflik di Gaza.

Mestinya Turki melakukan sesuatu yang bisa dilakukannya, yaitu memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, bukan menuntut sesuatu yang tidak bisa dilakukannya, mencabut keanggotaan Israel dari PBB.

Advertisements

2 Responses to “Tidak Putuskan Hubungan Diplomatik, Turki Malah Tuntut Israel Diusir dari PBB”

  1. Negara-negara Arab khususnya negara muslim banyak di-injak-injak dan diremehkan oleh zionis gara-gara pemimpinannya menyebah zionis dan amerika negara terlaknat, bahwa kaum zalim seperti zionis dan amerika itu tidak bisa di
    biarkan kita harus lawan seperti hamas membuat lebih dihargai dari pada jadi anjing zionis dan amerika yang selalu setiap kepada tuannya !

  2. kelebihan erdogan dibanding gurunya (erbarkan) adalah sikap yang hati-hati. Pemutusan hubungan diplomatik akan membuat militer berang. bisa saja erdogan dikudeta dalam waktu sehari.

    khan lebih baik erdogan berkuasa dan pelan-pelan menjadi islami ketimbang hantam kromo dan menjadi pesakitan. toh selama ini cuma erdogan yang berbicara keras terhadap Israel
    http://pendengardakta.blogspot.com/2009/01/erdogan-menentang-badai-israel.html

    ML: Memang lebih baik dari Arab Saudi dan Mesir. Oya, kedua negara sama sekali tidak ikut bersih-bersih tetesan darah di Gaza karena memang keduanya ikut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: