Sekutu-sekutu AS di Arab (3): Emir Qatar, Pengganti Peran Raja Arab Saudi

emir-qatarolmert

Sheikh Hamad bin Khalifa al-Tsani (lahir 1950 di Doha, Qatar) adalah Emir Qatar saat ini. Raja yang fasih berbahasa Inggris ini dipandang oleh Amerika sebagai tokoh penting dalam kawasan Timur Tengah dan Teluk setelah Arab Saudi mulai dianggap kurang mampu membasmi wahabi ekstrim sejak Pemboman WTC.

Ia lulus dari Royal Military Academy Sandhurst (Inggris) tahun 1971. Ia melakukan kudeta tahun 1995 ketika ayahnya, Emir Khalifa bin Hamad al-Tsani) berada di Jenewa (Swiss) untuk memulai proses modernisasi di negerinya.

Ia dikenal oleh dunia barat karena sifatnya yang sering membantu keuangan jaringan televisi Al Jazeera. Time menyebutnya sebagai bidan kelahiran Al-Jazeera. Pada pertengahan 1990-an, saat siaran BBC World dalam bahasa Arab yang didanai sejumlah investor di Arab Saudi mengalami masalah sensor pemberitaan dengan pemerintah setempat. Setelah ditutupnya BBC Arab, ia memboyong sejumlah jurnalis Arab untuk menyeberang ke teluk.

Dengan dana US$ 150 juta, ia mendirikan stasiun televisi berbahasa Arab. Ia pun mendapuk sepupunya, Syekh Hamad bin Thamir al-Tsani untuk memimpin. Ia memang membutuhkan media untuk membawa angin perubahan di negerinya.

Pamor Al-Jazeera kian dikenal selepas serangan 11 September 2001 dan menjadi satu-satunya media elektronik di dunia yang menyiarkan rekaman pernyataan Usamah bin Ladin.

Karena itu, Hamad sering dikritik pemerintahan Amerika Serikat membantu pihak musuh ketika perang Irak dan intifada Palestina.

Walaupun demikian Syekh Hamad merupakan sekutu penting Amerika Serikat di Timur Tengah. Qatar juga disebut sebagai kampusnya universitas-universitas Amerika Serikat di Timur Tengah dalam sebuah proyek dari Yayasan Qatar yang disebut Kota Pendidikan yang dijalankan oleh istri Emir, Syaikha Muzah binti Nassir al-Missnad. Orang yang menjadi penerus dari Emir Hamad adalah Sheikh Tamim bin Hamad al-Tsani, anaknya yang keempat.

Advertisements

3 Responses to “Sekutu-sekutu AS di Arab (3): Emir Qatar, Pengganti Peran Raja Arab Saudi”

  1. Mesra banget. Wajahnya kenyang, lebih mirip sarung tangan tinju. Bisa saya bayangkan, kalau Hamad duduk bersila, perutnya pasti jatuh menubruk lantai. Jadi terbayang-bayang miniatur Muawiyah.

  2. emir2 Arab dan raja2nya banyak pro yahudi makanya pembataian gaza terus berlangsung dan tanpa ada rasa kemanusian memang kalau berhubungan dengan zionist pasti akan menimbulkan kerusakan dan kemaksiatan serta ke zaliman karena orang2 zionist penyebab utama kebejatan didunia ini terbukti bahwa semua kemaksiatan itu datang dari zionist

  3. syech hamad saadar kah anda bhw wajah andah bulat,jelek dn nampak bodoh.prut anda gendut yg mnyimpulkan bhw anda hnya tkg mkn dn bkn ahli fikir.nuka anda adalah muka2 pengecut.sgt mmalukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: