Serangan Israel Hentikan Bantuan PBB di Gaza

Pasukan Israel menyerang konvoi tim Badan Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza, Kamis 8 Januari 2009. Menurut stasiun televisi CNN, serangan itu menewaskan dua pekerja sosial Palestina untuk UNRWA, dan melukai beberapa lainnya.

Tank-tank militer Israel menembaki tim bantuan saat gencatan senjata selama tiga jam diberlakukan. Padahal tujuan gencatan senjata tersebut adalah untuk memberi kesempatan agar bantuan kemanusiaan dapat disalurkan warga sipil yang terjebak di jalur Gaza.

Menurut stasiun televisi al-Jazeera, Kamis 8 Januari 2009, akibat serangan itu, UNRWA menunda kegiatan kemanusiaan mereka di Gaza. “UNRWA memutuskan untuk menunda semua operasi di Jalur Gaza karena meningkatnya aksi perlawanan,” kata Adnan Abu Hasna, juru bicara UNRWA di Gaza.

Semua iring-iringan bantuan dari Erez dan Kerem Shalom, dua titik utama perbatasan untuk membawa pasokan kemanusiaan ke Gaza, ditunda setelah serangan kemarin terjadi. Belum ada kepastian hingga berapa lama UNRWA menunda penyaluran bantuan.

John Ging, kepala UNRWA di Gaza mengatakan bahwa seorang yang terbunuh tersebut adalah warga sipil Palestina yang berprofesi sebagai kontraktor. Dia bekerja untuk UNRWA dengan tugas mengangkut pasokan bantuan dari titik-titik perbatasan. Saat diserang, tim sedang menuju ke Erez untuk mengambil bantuan.

“Mereka [tim penyalur bantuan] sudah mengkoordinasikan kegiatan mereka dengan pihak Israel seperti yang biasanya mereka lakukan. Tapi mereka justru ditembaki oleh pasukan darat Israel,” kata Ging. Militer Israel mengatakan bahwa pihaknya sedang mempelajari kasus penyerangan terhadap tim bantuan tersebut.

Sementara itu, selama kurun tiga jam gencatan senjata, 50 tubuh tak bernyawa ditemukan. Berarti jumlah korban tewas warga Palestina di Gaza kini setidaknya berjumlah 763 orang, termasuk lebih dari 200 anak-anak, sejak serangan udara Israel dilancarkan 27 Desember 2008. Lebih dari 3.121 warga Palestina terluka. Sedangkan dari pihak Israel, delapan tentara Israel dan tiga warga sipil terbunuh dalam kurun waktu yang sama.

Advertisements

2 Responses to “Serangan Israel Hentikan Bantuan PBB di Gaza”

  1. ali bin zed Says:

    israel sudah mulai kehabisan cara dan segala usaha mereka mulai tak berbuah sebagaimana yang mereka harapkan……tanda tanda kemengan sudah di dpan mata….smoga dengan syahid cucunda nabi di karbala akan membimbing para syuhada-syuhada gaza untung bersama bergabung dengan ahlul bait nabi di surga…….dan smoga para pengikut ahlul bait diberi syafaat kelak di akhir nanti…….ada salam dari abi bwat ustadz sama mas aan

  2. ali bin zed Says:

    وَ سَیعلَمُ ‌الذین ظَلَموا اَیّ مُنقلبٍ یَنقلبون

    Dan kelak orang-orang zalim akan mengetahui ke tempat mana mereka akan kembali.” (Q.S Al-Syu’araa’: 227)

    ada salam dari ikhwan2 di yayasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: