Dituduh Israel Tembakkan Roket Katyusha, Hezbollah Siaga Penuh

katyusha-diselediki

Konflik Gaza memasuki babak baru. Pagi hari ini sejumlah roket Katyusha menyerbu Israel Utara dan mencederai paling sedikit empat orang. Roket-roket itu diyakini ditembakkan dari Lebanon Selatan yang dikuasai oleh milisi Hezbollah. Hamas sendiri tidak mengakuinya.

Israel menuduh salah satu faksi Palestina pendukung opsi perlawanan, Front Kerakyatan untuk Pembebasan Palestina, sebagai pelaku penembakan roket-roket tersebut. Saat dikonfirmasi oleh Aljzeera, Pemimpinnya, Ahmad Jibril di Damaskus, tidak mengafirmasi maupun menolaknya. Namun, ia mengatakan sejak semula faksinya menuntut Fath untuk segera meninggalkan opsi perundingan dan memilih opsi perlawanan karena selain itu, hanya tipuan yang sudah berjalan enam puluh tahun, dan bahwa perlawanan bersenjata akan mengembalikan hak rakyat Palestina.

Beberapa jam kemudian Israel melakukan penyerangan tipuan ke Beirut Selatan, yang menjadi basis Front Kerakyatan untuk Pembebasan Palestina.

Namun suratkabar Haaretz, menepis kemungkinan roket-roket tersebut dilemparkan oleh Hezbollah. Demikian dilaporkan oleh Aljazeera.

Hizbollah, melalui televisinya, Almanar, menolak tuduhan itu. Meski demikian, televisi alalam melalui teks running, melaporkan bahwa Sayid Hasan Nasrullah menyerukan pasukan Hezbollah untuk bersiaga penuh demi menyambut segala kemungkinan.

Perlu diketahui, Hezbollah terikat dengan perjanjian untuk tidak memulai serangan, kecuali bila mebalas serangan. Sejumlah tentara multi nasional ditugaskan oleh PBB untuk mengawal pelaksanaan perjanjian tersebut, termasuk kontigen Indonesia. Jadi, kemungkin Hezbollah melakukan penyerangan sangat kecil.

Sementara itu, reporter televisi Alalam di Yerussalem dilaporkan lenyap dan diculik oleh intelejen Israel.

Tentang perkembangan agresi Israel di Gaza, data terakhir Aljazeera menyebutkan bahwa jumlah syuhada telah melampaui 800.

Salah satu pimpinan Hamas, Almishri, dalam wawancara Aljazeera menolak proposal gencatan senjata yang diajukan Mesir dan Perancis, seraya menegaskan bahwa keputusan Hamas untuk melakukan perlawanan tidak dibisa diubah kecuali dengan membuka blokade dan penarikan pasukan zionis.

Advertisements

One Response to “Dituduh Israel Tembakkan Roket Katyusha, Hezbollah Siaga Penuh”

  1. Semoga Saja Israel bisa perang lagi sama Hizbullah, agar nanti terbuka 2 front dan Israel akan kewalahan menghadapi 2 front perlawanan tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: