AS Gagalkan Resolusi Kecaman DK PBB atas Israel

Lengkap sudah derita warga Gaza. Untuk ketiga kalinya sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) terkait krisis di Jalur Gaza berakhir tanpa membuahkan hasil.

Kegagalan ini disebabkan penentangan dari AS. Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Associated Press (AP), Dewan Keamanan PBB kemarin malam (Sabtu, 03/01) kembali melangsungkan sidang darurat pasca serangan darat Rezim Zionis Israel ke Jalur Gaza.

Sidang itu menghasilkan sebuah statemen yang meminta penghentian aksi brutal di kawasan, namun Gedung Putih memveto keputusan itu. Aksi veto ini kembali memperlihatkan bahwa upaya masyarakat internasional guna menghentikan pembantaian massal di Palestina menuai kegagalan.

Dalam sidang tersebut, Dewan Keamanan PBB hanya sebatas menyatakan kekhawatiran mendalam atas meningkatnya kekerasan di Jalur Gaza. Tidak ada hasil lain dari sidang itu kecuali mendorong Rezim Zionis Israel untuk melanjutkan aksi kejamnya terhadap warga Palestina.

Sebelumnya pada hari Kamis lalu (01/01), AS juga menghalangi ratifikasi draft resolusi yang bertujuan menghentikan serangan militer Tel Aviv ke Gaza. Gedung Putih selain memberikan dukungan politik dan militer kepada Tel Aviv, juga memberikan bantuan cuma-cuma kepada negara itu lebih dari tiga milyar USD setiap tahunnya.

Wartawan CNN di Kementerian Pertahanan AS, Barbara Starr kemarin malam (Ahad, 03/01) menyatakan bahwa Rezim Zionis Israel telah mengkonfirmasikan pemerintahan George W. Bush sebelum memulai serangan ke kawasan. Masih menurut CNN, Duta Libya yang mewakili negara-negara Arab di Dewan Keamanan PBB juga menilai AS sebagai faktor kegagalan sidang Dewan Keamanan PBB dan upaya masyarakat internasional guna mengakhiri pembantaian massal di Gaza. Demikian dilaporkan oleh situs irib.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: