Menhan AS Desak Negara-negara Teluk Kucilkan Iran

Meski sudah bangrut dan terbukti gagal, Amerika masih saja menggunakan politik intrik dan adu domba.

Dalam Pertemuan yang dihadiri oleh 52 negara yang berkepentingan dengan kawasan Teluk Persia, termasuk Iran, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gets, mengajukan dua proposal, yaitu pengucilan Iran secara ekonomi dengan dalih Iran merupakan ancaman bagi keamanan negara-negara Teluk, sekutunya, dan memasukkan Irak dalam organisasi Kerjasama Teluk.

Meski menjadi kawasan peliharaan Amerika, terutama sejak agresi Irak ke Kuwait, negara-negara Teluk kali ini menolak tegas dua proposal itu. Demikian dilaporkan aljazeera.

Meski Iran mempunyai sejumlah masalah dan perelisihan dengan Emirat dan Qatar terkait dua pulau yang disengketakan, namun pengaruh Iran di hampir seluruh negara Arab, terutama di Teluk, menjadi pertimbangan khusus penolakan tersebut. Selain itu, Iran yang telah menunjukkan kemajuan dalam bidang teknologi, militer dan ekonomi juga menjadi alasan kedua.

Meski demikian, reaksi berupa penolakan tersebut yang disampaikan secara terbuka dan cepat, menurutnya, baru dan tidak terduga. Ini juga menunjukkan betapa pengaruh Amerika di Timur Tengah mulai dapat dikurangi oleh Iran dan Suriah sejak kegagagalan politik imperalistik Bush di Irak dan Afghanistan.

Adapun tentang desakan untuk memasukkan Irak ke dalam Organisasi Teluk, jumlah penduduk yang sangat besar, pengaruh intervensi politik AS di dalamnya dan kekhawatiran menguatnya faksi anti Amerika yang didukung Iran, menjadi alasan penolakan negara-negara Teluk atas usulan tersebut.

Sebenarnya, alasan utama penolakan ini adalah beda sistem negara. Tujuh negara yang menjadi Organisasi Kerjasama Teluk (yang terbentuk 1981) itu semuanya tidak demokratis dan merupakan negara kerajaan dan keamiran berdasarkan dominasi suku. Masuknya Irak, yang republik, akan mengubah karakter dasar organisasi negara-negara yang tak memiliki independensi militer itu.

Advertisements

3 Responses to “Menhan AS Desak Negara-negara Teluk Kucilkan Iran”

  1. Demikianlah, sepertinya Amerika memang mulai memasuki fase2 ‘hebat’:
    Sakit. Sekarat. ‘Menggelinjang’ penuh tenaga pada detik2 terakhir, sebelum akhirnya..
    Menghembuskan nafas penghabisan.Lalu mati. Kaku.

    Ibarat ajal sudah menjelang, tak satupun upaya, besar atau kecil yang kan mampu menghadang.

    Benar kata MAN: “Amerika, Air mancur yang pasti jatuh,” begitulah!.

  2. Mushadiq Ali Says:

    alhamdulillah.
    alhamdulillahisshalawat.

    ini adalah salah satu tanda bahwa gerigi roda mulai berputar. tergerakkan dan menggerakkan gerigi roda lainnya. menuju satu arah yang pasti dan terpastikan. mari besama, wahai sahabat, meski masih tertatih menyeret langkah, meski hanya uluran tangan yang lemah, meski hanya sumbangsih yang sangat kecil sekalipun, sama-sama berbuat dan menyambut gerak gerigi roda yang berputar ini. menyambut panggilan dan seruan ini.

    Allahu Akbar!
    Allahu Akbar!
    Allahu Akbar!
    Wa lillah hil hamd.

    bisshalawat ala Rasulillah wa alihil ma’sumin.
    amien.

    (Selamat atas kelahiran putra Ustadz. maaf, selamatnya malah nyempil di sini, bukannya di tittle yang bersangkutan. dan kalau Ustadz sudah longgar, mohon segera kirim rujukan tambahan yang kemarin saya minta. saya sangat membutuhkannya agar tulisan nantinya bisa sinkron. terimakasih.)

  3. Biasa… AS berani main keroyok. Sendirian, mana mungkin berani. AS memang jawara dalam perang, tapi (baca pelanpelan!) hanya dalam film: Rambo 1, 2, 3, Top Gun dsb. AS, basi ah. Coba sendirian, pasti gak berani.
    NOTE FOR AS: Sama sepatu (hahaha) aja kalah… apalagi sama Iran!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: