Pelempar Bush, Montadar Zaidi, Pendukung Moqtada

montadar-zaidi

Montadar al-Zaidi (28), Senin (15/12), mendadak terkenal. Dia bahkan dianggap sebagai “pahlawan”, terutama oleh kelompok anti-AS dan anti-Presiden AS George W Bush, setelah melemparkan sepatu ke arah Bush, Minggu. Tidak ada yang tahu motif wartawan koresponden stasiun TV Al-Baghdadia di balik pelemparan sepatu itu.

Zaidi tiba-tiba saja marah dan melemparkan sepatunya secara bergantian ketika Bush dan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki bersiap-siap menjawab pertanyaan wartawan. Kolega-kolega Zaidi menuturkan, selama ini Zaidi kerap menyampaikan laporannya dari Distrik Sadr City, Baghdad, Irak. Daerah itu termasuk ”markas” tokoh radikal Syiah, Moqtada al-Sadr.

Bahkan, menurut teman-temannya, Zaidi pernah diselamatkan Tentara Mahdi, milisi Sadr, ketika diculik selama lebih dari dua hari oleh kelompok bersenjata, November 2007. Selama diculik, kedua matanya ditutup dengan kain dan tidak makan atau minum. Ia dipukuli hingga pingsan dan tidak pernah tahu identitas penculiknya. Ia dicerca dengan pertanyaan seputar pekerjaannya, tetapi kelompok itu tidak meminta uang tebusan.

Rekan-rekan Zaidi mengakui, Zaidi membenci Bush dan menuding Bush bertanggung jawab atas pertumpahan darah di Irak setelah invasi AS tahun 2003. Tidak jelas apakah ia kehilangan anggota keluarga akibat gejolak kekerasan di Irak.

Saking bencinya pada AS dan Bush, Zaidi disebut-sebut pernah ingin melancarkan serangan. Tidak jelas apakah itu serangan bersenjata atau hanya sekadar melempar sepatu.

Namun, menurut rekannya di Al-Baghdadia kantor Baghdad, Zaidi memang sejak lama ingin melemparkan sepatunya ke arah Bush jika ada kesempatan. ”Ketika dia bilang ingin melakukan itu, kami semua tidak ada yang percaya. Dia membenci AS. Benci tentara AS. Benci Bush,” kata rekan Zaidi yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Lulusan Baghdad University itu telah bekerja di Al-Baghdadia selama tiga tahun. Salah seorang pejabat di Al-Baghdadia mengaku, keluarganya pernah ditahan pada masa rezim Saddam. Kini Zaidi ditahan Pemerintah Irak. Jika terbukti bersalah menghina kepala negara yang tengah berkunjung, ia terancam minimal hukuman dua tahun penjara atau 15 tahun penjara jika terbukti melakukan percobaan pembunuhan. (REUTERS/AFP/AP/LUK/Kompas)

5 Responses to “Pelempar Bush, Montadar Zaidi, Pendukung Moqtada”

  1. MESTINYA ZAIDI DIBERIKAN GELAR KEHORMATAN KEPAHLAWANAN IRAK ATAS TINDAKAN HEROIKNYA MELEMPARI SEPATU TERHADAP MUSUH KEMANUSIAAN, BUSH-ET

  2. Saudaraku, semoga Allah melindungimu dari tangan-tangan jahat dan aniaya. Memberimu kekuatan dan kesabaran untuk bertahan dari ancaman macam apapun dari musuh2 Allah.

  3. ana bouthaina zaidi min al magribe a3icho fe españa

  4. salam tout le monde, merci M. Zaidi pour le geste mais tu aurai jeté une bombe sur le chien et pas une chaussur pour lui faire rappeller les enfants et les femmes irakienne et chourafaa à Guantanamo. Zaidi Free inchalah

  5. salam ana botaina min almagrib

Leave a comment